News Detail

6 tips untuk ibu menyusui yang berpuasa agar berjalan lancar

Bulan suci Ramdhan selalu dinantikan oleh setiap Muslim. Keutamaan pahala membuat setiap muslim berlomba-lomba melakukan amalan sebanyaknya.

Bagi umat islam menjalankan puasa ramadhan adalah wajib, begitu juga dengan ibu hamil dan menyusui.

Allah SWT telah memberikan keringanan kepada ibu hamil atau menyusui dengan memperbolehkan berpuasa diluar ramadhan atau dengan membayar fidiah.

Ibu yang menyusui di bulan puasa sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya, berkaitan dengan pola makan dan dehidrasi (kekurangan cairan).

Sangat dianjurkan untuk tidak berpuasa bagi ibu yang sedang menyusui bayi berusia 0-6 bulan, karena ibu menyusui bayi secara rutin setiap 2-3jam/hari.

Bayi sangat membutuhkan ASI eklusif sampai 6 bulan yang merupakan sumber energi dan gizi bagi bayi. Sebelum memutuskan untuk berpuasa akan lebih baik ibu mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Bagi ibu menyusui yang tetap ingin melakukan ibadah puasa sebaiknya memperhatikan kesehatan.

Tips Puasa untuk Ibu Menyusui
1. Makan 3 Kali Sehari
makanan-pelancar-asi
puasa tetap makan 3 kali sehari
Sebaiknya ibu tetap melakukan makan 3 kali sehari yaitu pada saat sahur, buka puasa dan tarawih. Selalu sediakan buah dan sayur pada saat sahur dan berbuka puasa.

Ibu yang berpuasa saat menyusui sangat pelu mendaptkan asupan gizi yang simbang. Makanan harus mengandung zat gizi, protein, vitamin, mineral dan berbagai asupan yang penting bagi tubuh.

Sebagai referensi silahkan lihat daftar makanan pelancar asi yang bisa bunda konsumsi saat sahur atau berbuka.

2. Istirahatlah yang Cukup
tips puasa untuk ibu menyusui
minta bantuan suami supaya ibu bisa istirahat
Jadwalkan untuk istirahat yang cukup, ini untuk mengurangi rasa lemas dan lesu pada tubuh. Anda dapat melakukkannya dengan cara tidur atau menenagkan pikiran dan berfikir posistif.

Jika perlu mintalah bantuan suami atau orang terdekat untuk menjaga si kecil supaya bunda tetap bisa mendapatkan istirahat yang cukup.

3. Memakan Buah Kurma
puasa bagi ibu menyusui dengan jus kurma
jus kurma bagus untuk ibu menyusui yang berpuasa
Ini pasti para ibu suka, yaitu makan buah kurma, bisa juga alternatif lain seperti minum madu atau Jus kurma susu. Kurma sering dikonsumsi pada saat bulan puasa dan memiliki banyak manfaat.

Kurma mengandung pemanis alami dan sangat mudah dicerna sehingga dapat mengembalikan energi pada tubuh. Selain itu madu juga merupakan bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Minum Suplemen Ibu Menyusui Saat Puasa
jamu pelancar asi, suplemen asi, obat pelancar asi yang bagus, lancar asi, obat penambah asi, vitamin ibu menyusui,
minum suplemen ibu menyusui untuk membantu supaya asi tetap lancar
Kondisi tiap ibu berbeda, ada yang ASI tetap lancar saat puasa ada juga yang tidak. Oleh karena itu untuk antisipasi dan menjada agar asi tetap banyak dan kental ada baiknya bunda suplemen ibu menyusui seperti Mama Asix, bisa minum 3x sehari saat sahur, berbuka dan menjelang tidur.

5. Perbanyaklah Minum Air Putih
tips puasa untuk ibu menyusui
banyak minum air putih untuk hindari dehidrasi saat berpuasa
Kelihatannya sepele, tapi yang namanya ibu menyusui sambil puasa pasti sangat kekurangan cairan. Karena itu saat malam hari perbanyaklah minum air putih atau mengkonsumsi jus buah/sayur dan susu. Ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa dan menjaga kesehatan tubuh ibu.

Semoga tips berpuasa bagi ibu menyusui dapat bermanfaat. Ibu yang memiliki banyak kegiatan selama bulan puasa sebaiknya mempertimbangkan untuk tetap puasa atau tidak.

Agama islam memberikan keringanan bagi ibu menyusui dan hamil untuk tidak menunaikan puasa pada bulan ramadhan.

Tapi jika bunda tetap ingin berpuasa, sebaiknya pahami pula cara menjaga kualitas & produksi ASI saat Puasa supaya ibadah puasa nyaman, ASI tetap aman.