News Detail

7 Tips Agar Siap Kembali Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

Terkadang kembali bekerja setelah menikmati masa cuti yang panjang bukahlah perkara yang mudah. Kebiasaan yang seringkali dilakukan selama cuti dengan bangun siang dan tidak adanya tekanan dari masalah pekerjaan seringkali membuat anda terbiasa dengan kondisi ini. Sehingga pada saat anda dihadapkan pada realita kembali bekerja usai menjalani cuti. Hal ini seringkali menjadi beban yang terasa berat. Belum lagi peran baru anda sebagai ibu baru membuat anda sibuk dengan kegiatan mengurus si kecil.

Perhatian anda yang sulit terbagi antara keluarga dan pekerjaan seringkali menuai perasaan yang malas menghadapi pekerjaan. Namun bagaimanapun pekerjaan sudah menjadi tanggung jawab anda yang harus anda lakukan. Nah, tak perlu khawatir karena kali ini kami akan berikan tips agar siap kembali bekerja setelah cuti melahirkan. Mari simak informasi menariknya dibawah ini.

CARI DUKUNGAN

Terkadang rasa malas kembali bekerja bukan hanya dialami oleh anda yang menjalani masa cuti melahirkan yang panjang. Sebab hal serupa bisa jadi dialami oleh banyak orang seperti ketika mengadapi weekend dan akan kembali dihadapkan pada hari senin. Nah, banyak orang mengatasi cara ini dengan mencari dukungan sebanyak mungkin. Dengan begini mereka akan terdorong untuk kembali semangat dalam melakukannya pekerjaannya.

Begitupun dengan anda, pada saat kembali ke kantor mungkin saat ini benak anda dihiasi dengan perasaan malas dan ogah pergi ke kantor esok hari. Namun demikian, hal ini tidak sebaiknya menghentikan anda. Untuk mengembalikkan mood anda lebih bersemangat pergi ke kantor maka carilah dukungan sebanyak mungkin. Anda akan butuh dorongan dari suami, keluarga atau mungkin teman-teman anda. Tidak ada salahnya mulai kembali menyapa teman akran anda di kantor dan tanyakan bagaimana keadaan kantor saat ini. Buatlah diri anda tertarik dengan cerita-cerita mereka agar demikian anda pun akan merasa lebih ringan pergi bekerja.

Stay connected

Meski tidak berada di dekatnya, namun Ibu bisa tetap terhubung (stay connected) dengan si kecil via WA, video call, atau telepon. Ibu bisa menanyakan kabar dan perkembangan si kecil hari ini kepada orang yang Ibu titipi, entah itu kakek nenek si kecil, nanny, atau daycare. Dengan mengetahui perkembangan si kecil, Ibu dapat bekerja dengan tenang dan semangat.Atau jika ternyata si kecil tidak sehat, Ibu bisa meminta izin kantor untuk pulang lebih awal atau izin sebentar membawa si kecil ke dokter.   

Siapkan ‘peralatan tempur

Namanya juga ibu bekerja dengan anak bayi, tentu ibu perlu mempersiapkan “peralatan tempur” seperti pompa ASI, kantong atau botol ASI, cooler bag untuk menyimpan ASIP, nursing pads ekstra, dan aneka printilan lain yang diperlukan.

DAPATKAN PENGASUH YANG TERPERCAYA

Terkadang alasan seorang ibu sulit menghadapi pekerjaan setelah melahirkan adalah kebingungan mencari orang yang akan dapat dipercaya untuk menjaga dan mengurus si buah hati. Bagaimana pun anda tentu tidak ingin bila buah hati anda yang begitu lucu jatuh ke pangkuan orang yang salah karena tidak tepat menemukan seorang pengasuh. Nah, agar anda tidak merasa panik dengan hal ini maka tidak ada salahnya mencari pengasuh dari jauh-jauh hari sebelum anda bekerja. Selama waktu tersebut anda bisa saling mengenal dan mengetahui karakter dari pengasuh si buah hati. Dengan begini maka tidak ada alasan untuk anda merasa terlalu khawatir dengan si kecil.

PERSIAPKAN KEBUTUHAN SI KECIL

Persiapan yang mendadak menjelang waktu bekerja yang akan anda hadapi beberapa hari lagi akan mungkin membuat anda semakin malas meninggalkan rumah. Belum lagi perasaan khawatir dan belum siapnya meninggalkan si buah hati akan semakin membuat anda tidak ingin pergi bekerja.

Nah, untuk mengatasi masalah ini maka perhatikan dengan baik. Persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan si kecil jauh-jauh waktu sebelum anda masuk kerja. Beberapa peralatan dan perlengkapan si kecil tentunya perlu anda beritahukan pada pengasuhnya. Dengan begini maka akan lebih mudah untuk mereka mengambilnya pada saat mereka butuhkan.

PERSIAPKAN DIRI ANDA

Bukan hanya tentang mempersiapkan kebutuhan si kecil saja. Terkadang mental anda pun perlu dipersiapkan untuk bisa kembali ke kantor esok hari. Bagaimana pun bekerja adalah tanggung jawab yang sudah anda setujui sebelumnya. Jadi demikian, berusahalah untuk menjadi seorang professional dalam hal ini.

Baca juga artikel ini: