News Detail

8 Aktifitas yang perlu dilakukan agar ibu hamil tidak bosan

Berbagai perubahan terjadi pada tubuh Bunda di masa kehamilan. Tak jarang, hal ini cukup menguras tenaga, baik secara fisik maupun mental. Supaya mood tetap positif, yuk coba lakukan aktivitas berikut!

Beragam perubahan fisik dan psikologis yang terjadi selama masa kehamilan memang rentan membuat bunda merasa lelah, bosan, dan stres. Namun bunda bisa menjadikan momen kehamilan terasa lebih menyenangkan, dengan melakukan berbagai aktivitas untuk ibu hamil agar Bund terhibur dan bebas stres. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya, Bund!

1. Belanja Perlengkapan Bayi

Shopping is the best medicine”, Mum mungkin setuju, ya, pada ungkapan ini? Ya, bagi mayoritas wanita, berbelanja memang menyenangkan dan bisa menjadi alternatif kegiatan pengusir bosan dan bad mood.  Jadi, boleh, lho, Mum melakukan hal ini sesekali saat bosan dan stres mulai muncul.

Tak hanya berbelanja baju hamil berdesain cantik dan lucu, Bund pun bisa membeli aneka perlengkapan si Kecil, mulai dari pakaian, kaus kaki, hingga selimut bayi, sebagai persiapan jelang melahirkan. Dengan begitu, ide aktivitas untuk ibu hamil ini juga dapat bermanfaat bagi si Kecil. Supaya lebih happy, ajak sahabat atau kerabat untuk menemani Bund berbelanja, ya.

2. Membuat Album Foto dan Jurnal Kehamilan

Ketika hamil, gerak tubuh bunda tentu menjadi lebih terbatas. bunda bisa jadi lebih mudah lelah, sehingga harus ekstra hati-hati saat beraktivitas. Nah, untuk menghindari rasa bosan, isi waktu luang dengan beragam aktivitas yang tidak menguras energi. Salah satunya yaitu membuat album foto dan jurnal kehamilan. Aktivitas ini aman, bahkan untuk dilakukan saat perut bunda kian membesar.

Mum hanya perlu mengumpulkan potret kehamilan sejak trimester pertama dan menyusunnya dalam sebuah album foto khusus. Di samping itu, Mum juga bisa menambahkan keterangan-keterangan lain, seperti tanggal pengambilan foto, berat badan Mum saat itu, dan sebagainya. Kelak, ini akan menjadi kenang-kenangan berharga untuk Mum dan si Kecil.

3. Membaca Buku

Mum juga bisa mengisi waktu luang yang ada dengan membaca buku. Selain termasuk aktivitas yang aman dilakukan di masa kehamilan, membaca buku secara rutin juga bisa memberikan manfaat bagi Mum dan janin.

Ya, membacakan buku untuk si Kecil di dalam kandungan mampu mempererat ikatan emosional antara Mum dan si Kecil sejak dini. Suara Mum dapat menjadi stimulus yang baik untuk indra pendengaran si Kecil yang masih dalam proses pembentukan. Di samping itu, penelitian mengungkapkan, semakin sering janin mendengar langsung suara Mum (baik saat dibacakan buku maupun diajak berbincang), kemampuan bahasanya kelak akan berkembang lebih cepat, Mum.

4. Mendengarkan Musik

Lebih banyak tinggal di rumah dan beristirahat selama masa kehamilan tentu dapat membuat ibu hamil merasa bosan. Nah, untuk mengatasi kejenuhan sekaligus memperbaiki mood, cobalah mendengarkan alunan musik yang lembut, Mum. Musik mampu membantu Mum lebih rileks dan mengurangi kejenuhan, lho.

Selain bermanfaat untuk Mum, musik dengan alunan nada yang lembut juga berdampak positif bagi buah hati. Sebuah studi yang dilakukan Rene Van de Carr, seorang dokter kandungan di California, Amerika Serikat, mengungkapkan, ketika mendengar alunan musik yang ia sukai, napas janin akan cenderung mengikuti ritme musik itu. Bila Mum membiasakan buah hati mendengarkan musik dengan nada menenangkan, kelak ia pun akan tumbuh menjadi anak yang tenang.

5. Mendengarkan Al quran

selain mendengarkan musik kesukaan, wajib juga mendengarkan bacaan Al Quran, baik membaca langsung maupun dari audio Al Quran. Penelitian banyak ahli bahwa mendengarkan Al Quran buat ibu hamil snagat besar faedahnya

6. Berkreasi Membuat Aneka Kerajinan Tangan

Mum juga dapat memanfaatkan waktu luang selama masa kehamilan dengan membuat aneka kerajinan tangan. Saat ini, Mum dapat dengan mudah mencari berbagai video tutorial yang berkaitan dengan crafting, mulai dari membuat rajutan hingga kreasi vas atau tas unik. Banyak juga tutorial yang ditujukan untuk pemula, Mum. Pasti membahagiakan sekali rasanya bila akhirnya Mum berhasil membuat sendiri sepatu rajut dan baju hangat untuk si Kecil! Setuju?

7. Membuat Kue

Di momen kehamilan ini, Mum mungkin merasa nafsu makan Mum mengalami peningkatan yang signifikan, ya? Mum jadi lebih mudah lapar dan keinginan makan pun cenderung lebih sulit dikontrol. Hal ini wajar sih, Mum, asupan yang Mum konsumsi disalurkan bukan hanya ke tubuh Mum, tapi juga ke si Kecil.

Nah, untuk menyiasati rasa lapar yang sering muncul ini, Mum bisa mengonsumsi camilan sehat di sela-sela jam makan. Daripada membeli, kenapa tidak buat sendiri di rumah? Mum bisa membuat aneka kue, baik jenis bolu maupun kue kering, untuk mengganjal perut tiap kali rasa lapar muncul sebelum jam makan tiba. Untuk resepnya, Mum dapat bertanya ke teman, kerabat, atau mencarinya sendiri via internet. Yang penting diingat, pastikan bahan-bahan yang digunakan tetap alami dan sehat, ya. Bila ada bahan-bahan tertentu yang diragukan keamanannya, Mum dapat mengonsultasikannya terlebih dulu pada dokter kandungan.

8. Melakukan Senam Hamil

Terakhir, Mum juga dapat mengisi waktu luang di masa kehamilan dengan melakukan senam hamil. Tak sekadar mengusir kebosanan, aktivitas yang satu ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Rutin melakukan senam hamil dapat membantu tubuh Mum senantiasa bugar, membuat ritme napas lebih teratur, sekaligus memperkuat dan melenturkan otot-otot tubuh bagian bawah. Ketiganya merupakan faktor penting untuk membantu Mum melahirkan si Kecil secara normal.

Selama senam, Mum juga berkesempatan bertemu dengan para ibu hamil lainnya, sehingga Mum dapat bertukar cerita dan pengalaman seru selama kehamilan bersama mereka.

Nah, itulah beberapa aktivitas untuk ibu hamil yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan Mum, baik secara fisik maupun psikologis. Semoga info ini bermanfaat, ya, Mum.

Sumber : friso.co.id