News Detail

8 cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan

Bunda, pasca melahirkan mengalami perubahan bentuk tubuh saat hamil adalah hal yang wajar. Perut membesar, pipi menjadi lebih tembam, dan kaki bengkak setelah melahirkan. Kondisi ini disebut edema postpartum, yang akan berangsur-angsur berkurang setelah melahirkan. Sebelum lebih lanjut membahas cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan, terlebih dahulu kita cari tahu apa itu edema postpartum dan penyebab kaki bengkak pasca melahirkan.

Apa itu edema postpartum – kaki bengkak setelah melahirkan?

Kaki bengkak pasca melahirkan (edema) atau bagian tubuh lainnya adalah kondisi yang umum. Anda mungkin akan mengalami pembengkakan di sekitar wajah, perut, tangan dan pergelangan kaki. Kondisi ini akan bertahan selama seminggu atau lebih setelah melahirkan. Demikian juga, Anda mungkin akan mengalami pembengkakan di area sayatan, seperti bekas operasi caesar dan episiotomi. Semua pembengkakan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri, yang dapat menjadi sumber ketidaknyamanan.

Anda akan menghasilkan sekitar 50% lebih banyak darah saat hamil untuk memberi makan dan melindungi Anda dan bayi. Juga, konsentrasi protein yang rendah dan pengenceran darah menyebabkan konsentrasi hemoglobin yang rendah dan akumulasi cairan. Selama persalinan, tidak semua darah meninggalkan tubuh. Kombinasi darah ekstra ini, perubahan hormon, dan retensi cairan akan menyebabkan pembengkakan seperti kaki bengkak pasca melahirkan yang juga dikenal sebagai edema pitting.

Penyebab kaki bengkak setelah melahirkan

Pembengkakan meningkatkan postpartum yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan umum pada kebanyakan wanita. Bahkan jika tidak mengalami pembengkakan selama kehamilan, Anda mungkin mengalami tangan dan kaki bengkak setelah melahirkan. Berikut beberapa kondisi yang menjadi penyebab pembengkakan pada beberapa bagian tubuh setelah melahirkan:

1. Hormon

Penyebab paling umum untuk pembengkakan pasca-persalinan adalah hormon. Tubuh menghasilkan sejumlah besar progesteron selama kehamilan. Kelebihan progesteron menyebabkan retensi air dan natrium dalam tubuh, yang menyebabkan pembengkakan setelah kelahiran bayi.

2. Pengembangan rahim

Ketika rahim mengembang bersama bayi yang sedang tumbuh, tekanan diberikan pada pembuluh darah ke arah kaki. Dengan demikian membatasi aliran darah ke tubuh bagian bawah. Karena ada penumpukan cairan sepanjang kehamilan, akan membutuhkan waktu tertentu agar cairan mereda pasca-kehamilan.

3. Proses persalinan

Tekanan alami yang diciptakan selama kehamilan menyebabkan pembengkakan. Bersamaan dengan itu, dorongan untuk melahirkan membawa lebih banyak darah dan cairan ke ekstremitas. Karena itu, akan menyebabkan pembengkakan di jari, tangan, kaki, dan juga wajah.

4. Cairan IV

Cairan IV (intravena) juga merupakan penyebab kaki bengkak setelah melahirkan secara signifikan. Sebagian besar wanita yang mengalami operasi caesar menerima obat-obatan dan anestesi melalui IV dan mereka yang melahirkan secara normal menerima obat-obatan seperti Pitocin (obat cair) dan cairan tertentu. Cairan ekstra ini cenderung menumpuk di tubuh dan butuh beberapa hari untuk hilang.

Cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan

Berikut 11 solusi yang dapat Anda terapkan untuk membantu dalam mengatasi kaki bengkak dan anggota badan lainnya setelah melahirkan:

1. Diet sehat

Diet sehat sangat penting bagi seorang wanita setelah melahirkan. Ketika makan dengan benar, Anda bisa mengeluarkan cairan tambahan dari tubuh dan juga memberikan tingkat energi yang lebih tinggi untuk bayi. Makan makanan yang kaya protein, buah-buahan segar, sayuran, dan karbohidrat kompleks. Juga, makan makanan yang kaya kalium karena membantu meringankan pembengkakan. Mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan dengan makanan sehat, jangan lupa jauhi makanan olahan karena mengandung natrium penyebab kembung.

2. Minum lebih banyak cairan

Jangan bingung. Anda mungkin bertanya, “Karena ada kelebihan penumpukan cairan dalam tubuh, apakah mengonsumsi lebih banyak cairan akan berhasil?” Ya, tentu saja. Minum cairan berlebih akan memberi sinyal pada tubuh untuk mengeluarkan cairan yang telah ditahan. Ini mungkin sangat membantu meredakan pembengkakan. Pastikan Anda minum banyak air, dan sering-seringlah mengosongkan kandung kemih Anda.

3. Jaga agar tangan dan kaki Anda terangkat

Istirahatkan tangan dan kaki Anda dalam posisi terangkat selama sekitar 30 menit setiap hari. kaki dan tangan harus dinaikkan di atas tingkat jantung Anda sehingga darah mengalir ke daerah-daerah ini dengan benar. Karena itu, ini akan mengurangi kaki bengkak pasca melahirkan. Carannya, Anda cukup berbaring dan mengangkat tangan dan kaki secara bergantian.

4. Olahraga sedang

Cara mengobati kaki bengkak habis melahirkan dengan melakukan latihan dan aktivitas moderat, karena cara ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh melalui keringat. Merawat bayi yang baru lahir juga merupakan latihan karena membuat jantung memompa secara efisien. Tetapi yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan persetujuan dokter sebelum memulai apa pun.

5. Pijat

Pijat kaki adalah cara lain yang bagus untuk meredakan pembengkakan pasca kehamilan, jika Anda tidak mengalami lebih banyak pembengkakan dan rasa sakit. Ini bagus untuk sirkulasi dan mengurangi kelebihan cairan.

  • Minta pasangan untuk memijat kaki Anda dengan lembut, mulai dari bawah hingga ke atas.
  • Anda dapat menggunakan minyak dasar untuk memijat.
  • Hindarilah minyak esensial aromaterapi.
  • Cari tahu cara memijat selama dan pasca kehamilan.

6. Postur tubuh dan istirahat yang tepat

Hindari menyilangkan kaki dan berdiri dalam waktu yang lama. Seperti yang telah dijelaskan di poin nomor tiga, sambil berbaring letakkan kaki di ketinggian di atas pinggul. Angkat kaki tinggi-tinggi, di atas level jantung Anda. Ini akan meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan.

7. Merendam kaki

Rendam kaki dalam campuran minyak dan air aromaterapi. Untuk meningkatkan aliran darah dan mencegah varises gunakan minyak cemara. Minyak lavender atau chamomile untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

8. Teh herbal

Minum teh herbal dalam jumlah sedang bisa menjadi obat mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan. Teh dandelion adalah pilihan yang baik karena membantu mencegah retensi cairan. Jangan meminum teh herbal jika Anda memiliki masalah kandung empedu.

Cara mencegah edema postpartum setelah melahirkan

Meskipun tidak mungkin untuk mencegah edema postpartum, Anda dapat mengurangi tingkat keparahannya. Ini berarti kaki Anda mungkin akan mengurangi bengkak dan sakit. Salah satu cara terbaik untuk mencegah pembengkakan adalah menjalani diet seimbang yang sehat selama kehamilan sehingga tidak akan menambah berat badan. Berikut beberapa pencegahan yang bisa bunda lakukan:

  1. Tambahkan protein tanpa lemak di setiap Anda makan. Beberapa sumber protein yang baik termasuk daging, unggas, kacang-kacangan, dan telur.
  2. Konsumsilah sekitar lima porsi makanan sehat yang termasuk buah-buahan dan sayuran.
  3. Kurangi asupan gula, garam, dan makanan berlemak dan minum lebih banyak air. Ini membantu ginjal untuk mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh.
  4. Anda harus mendapatkan diuretik alami karena ini dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga membantu mengurangi pembengkakan. Diuretik alami meliputi apel, buah jeruk, selada air, seledri, dan peterseli.
  5. Tambahkan lebih banyak bawang merah dan bawang putih ke dalam diet Anda karena membantu meningkatkan sirkulasi darah.
  6. Hindari makanan olahan dan makanan kemasan yang dapat meningkatkan kadar cairan dalam sistem karena kelebihan garam dan komponen tambahan.
  7. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C dan E. Untuk vitamin C, konsumsi kol, brokoli, tomat, stroberi, melon, kentang, paprika (merah dan hijau), dan buah jeruk. Untuk vitamin E, konsumsi almond, kacang mede, margarin minyak jagung, gandum, jagung manis, minyak nabati (jagung, gandum, dan kedelai), dan biji bunga matahari.
  8. Jika Anda merokok, berhentilah, karena merokok tidak baik untuk kesehatan bayi dan dapat mencegah pembengkakan pasca-persalinan.

Bila kaki bengkak pasca melahirkan tidak segera sembuh setelah melakukan salah satu pengobatan alami di atas, segera periksakan ke dokter ya, Bunda!

Sumber: Doktersehat.com