News Detail

8 keahlian yang harus dimiliki calon ibu

Perasaan sangat bahagia pasti dirasa para pasangan yang baru mendapatkan momongan. Setelah 9 bulan berlalu, akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba. Akhirnya Si Kecil lahir dan menjadi bagian dari keluarga.

Tentu bahagia rasanya memiliki peran menjadi ibu baru. Kini bunda pun memiliki tugas baru yang tak mudah, yaitu merawat dede bayi.

Dalam mengurus si Kecil, diperlukan beberapa keahlian baru bagi Bunda yang pertama kali melahirkan.

Berikut Bubur ONIC bagikan list tugas yang harus Mama jalani pasca kelahiran si Kecil. Apakah Bunda sudah mempelajarinya?

1. Mengganti popok

Saat baru lahir, bayi akan lebih sering berkemih atau pun buang air besar. Karena itu, mengganti popok atau diapers haruslah menjadi kemampuan yang wajib Bunda miliki, termasuk untuk membersihkan kotoran si Kecil dan organ intimnya.

Sebaiknya hal ini dipelajari sejak si Kecil belum lahir, atau saat memasuki trimester akhir.

2. Memandikan bayi

Memandikan bayi juga membutuhkan teknik yang benar. Tubuh bayi yang mungil terlihat begitu ringkih, sehingga Bunda disarankan untuk berhati-hati saat memandikan bayi Bunda.

Ketahui bagaimana suhu air yang tepat untuk memandikan si Kecil.

Pilih posisi yang aman dan nyaman, lalu mulai memandikan dengan langkah-langkah yang tepat.

3. Membedong

Beberapa waktu lalu memang sempat muncul perdebatan tentang bahaya bedongan.

Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa membedong memiliki manfaat bagi bayi, yaitu membuatnya merasa nyaman dan hangat seperti saat berada di dalam rahim.

Pelajari bagaimana cara membedong bayi yang aman untuk mendapatkan manfaatnya.

Hindari membedong bayi terlalu ketat karena bisa membuat pernapasan si Kecil terganggu.

4. Menyusui

Kegiatan ini memang alami akan dilakukan semua mama. Namun, perlu diketahui bahwa menyusui tidak semudah yang Bunda bayangkan.

Perlu beberapa perjuangan yang harus dilewati. Cari tahu mengenai persiapan menyusui, mulai dari posisi menyusui hingga tips memperbanyak ASI.

5. Pentingnya bonding

Ikatan bonding antara Bunda dan bayi sangat penting dilakukan dalam berbagai momen. Beberapa hal seperti kontak mata dan skin to skin bisa meningkatkan ikatan Bunda dan bayi.

6. Pijat bayi

Pijat dapat membantu memproduksi hormon oksitosin yang menghasilkan rasa bahagia.

Pijat sangat bagus untuk bayi, seperti melancarkan pencernaan bayi, meningkatkan kualitas tidur bayi, meningkatkan bonding dan daya tahan tubuh bayi, hingga membuat bayi ceria.

Pijat bayi bisa dilakukan sendiri oleh Bunda, terutama setelah si Kecil mandi. Pelajari bagaimana cara pijat bayi yang tepat dan benar dari berbagai tutorial!

Lakukan pada kaki, punggung, dan lengan si Kecil.

7. Cara menggendong bayi

Tidak semua Bunda baru mahir menggendong bayinya. Bayi belum terlalu kuat untuk menopang tubuhnya, sehingga Mama perlu berhati-hati saat mengangkatnya dari tempat tidur.

Saat akan menggendong bayi, disarankan agar Bunda mendekatkan tubuh Bunda pada tubuh si Kecil. Topanglah bawah kepala dan leher bayi dengan satu tangan, sementara tangan lainnya tempatkan pada bawah bokongnya.

Setelah itu, angkatlah dengan gerakan perlahan. Gendonglah dengan posisi yang tepat.

8. Menggunakan kain jarik

Meskipun sudah ada gendongan yang lebih modern, tetapi belum lengkap rasanya jika Mama tidak bisa menggunakan kain jarik untuk menggendong atau menimang si Kecil.

Faktanya, tidak semua ibu mengerti cara menggunakan kain gendongan paling klasik ini, lho!

Mama bisa mempelajarinya melalui tutorial yang ada, atau meminta bantuan orangtua terdahulu untuk mengajarinya. 

Itulah 8 kemampuan baru yang harus dimiliki Mama pasca melahirkan. Namun, untuk sukses menjalankan semua itu tetap membutuhkan proses.