News Detail

Agar gaji tak cepat habis, ini yang harus dilakukan para Bunda

Bunda gaji kita kebanyakan adalah 10 koma, karena setiap tanggal 10 iap bulan berasa sudah koma ya..he.he..

Masa kritis keuangan itu sesungguhnya bukan saat tabungan menipis, tapi justru saat gaji baru saja diterima. Gajian sudah setiap bulan. Karir pun cukup lancar sehingga penghasilan naik terus setiap tahun. Tetapi, masih juga mengalami gajian habis tidak sampai 10 hari?

yu..ikuti tips berikut agar gajian kita tidak 10 koma..

1. Mengambil Uang Gaji Secara Tunai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meski gaji selalu dibayarkan tepat waktu ke rekening, biasanya semua akan langsung ditarik tunai agar lebih mudah untuk dikelola. Selain lebih sulit untuk mengontrol dan melacak pengeluaran yang dilakukan secara debit, saldo minimal juga seringkali membuat perhitungan anggaran jadi kurang akurat. Uang yang sudah ditarik tunai kemudian dimasukkan ke dalam beberapa amplop terpisah atau money organizer sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk transportasi, pulsa, atau bayar kost. Untuk menjalankan tips hemat yang satu ini.

2.Atur Rencana pengeluaran bulanan

Satu minggu sebelum tanggal gajian, luangkan waktu untuk mengisi tabel rencana pengeluaran yang Anda inginkan di bulan mendatang. Anda bisa gunakan aplikasi keuangan di smartphone atau pun mencatat di MS Excel atau membuat catatan tertulis.

Secara sederhana, bagi gaji Anda untuk 4 hal yaitu hidup rutin (Living) 47%,infaq 3 %  tabungan dan investasi (Saving) 30%, serta bersenang-senang (Playing) 20%. Jika Anda masih memiliki cicilan pinjaman rumah, maka dana ini umumnya dialokasikan sebagian dari porsi investasi dan juga bersenang-senang. Sedangkan, jika Anda masih memiliki cicilan atas utang kartu kredit, maka dana untuk pembayaran mutlak diambil dari porsi bersenang-senang.

3. Membuat Target Jumlah Tabungan

 

Untuk pengeluaran dalam jumlah besar di masa depan, seperti liburan atau renovasi rumah, ibu rumah tangga di Jepang biasanya memecah target menabung ke dalam jumlah kecil yang harus dipenuhi setiap minggunya. Contohnya, untuk biaya renovasi sebesar 1 juta Rupiah, mereka menargetkan untuk menabung setidaknya Rp200.000 setiap minggu agar dana bisa terkumpul dalam waktu 5 minggu. Dengan begitu, menabung jadi tak terasa berat dan bisa terus dilanjutkan untuk target keperluan lain. Wah, tips hemat ini wajib dicoba oleh Anda yang sering sulit menabung karena merasa terbebani dengan jumlah yang besar.

4. Gunakan rekekning terpisah untuk tabungan

Rajin membagi pos pengeluaran tetapi masih dari satu sumber rekening tabungan hanya akan menunda masalah saja. Anda wajib punya 3 rekening tabungan juga untuk membantu pemisahan tersebut.

5. Buat prioritas tujuan keuangan

Banyak keinginan, sedikit sumber dana? Wajar, namanya juga manusia yang punya banyak kemauan. Tetapi, Anda wajib membuat urutan prioritas mana pos yang harus didahulukan. Saya sarankan dahulukan membayar cicilan, membayar komitmen biaya hidup, dan investasi.

6. Simpan Uang Koin

 

Uang koin yang biasanya terbuang atau buru-buru Anda belanjakan karena bikin dompet terasa berat, ternyata jadi hartu karun yang disayang oleh para ibu rumah tangga di Jepang. Mereka tak pernah lupa memasukkan uang koin sisa belanja ke dalam celengan yang sudah disediakan di rumah. Meski terlihat sepele, Anda pasti akan terkejut dengan jumlah yang bisa didapat dari mengumpulkan uang koin selama setahun.

7. Tak Pernah Lelah Membandingkan Harga

 

Sebelum membeli barang atau mengeluarkan uang, mereka selalu meluangkan waktu untuk terlebih dahulu membandingkan harga barang dari semua merek yang ditawarkan di pasaran, untuk melihat pilihan mana yang akan memberikan harga dan value terbaik. Contohnya, daripada setiap hari membeli makan siang di luar, membawa bekal selama 3 hari dalam seminggu saja, ternyata bisa menghemat gaji lebih dari 4 juta Rupiah setiap tahunnya. Untuk yang rutin minum kopi di kedai ternama, Anda bisa pindah ke kedai kopi lokal yang rasanya tak kalah lezat, untuk menghemat hingga 1 juta Rupiah dalam setahun.

8. Membuat Daftar Belanja Sebelum Ke Supermarket

 

Tanpa disadari, salah satu hal yang paling sering bikin gaji “bocor” adalah pergi ke supermarket tanpa daftar belanja. Tips hemat yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga di Jepang adalah dengan membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket. Sesampainya di supermarket, mereka segera mengambil semua barang yang diperlukan dan langsung membayar di kasir. Cara ini wajib ditiru, karena saat berkeliling tanpa tujuan di supermarket, Anda jadi lebih gampang tergiur dengan diskon, promo, atau membeli sesuatu yang sebenarnya tak diperlukan. Akhirnya, gaji jadi cepat habis kan?

Baca Juga : Bunda boleh mengatakan tidak pada situasi berikut ini