News Detail

Bayi anda umur 5 bulan, ini permainan agar cerdas motorik

Otot-otot tangan dan kaki bayi yang menginjak usia 5-7 bulan kini kian kuat. Bayi Anda makin aktif menggunakan kedua kakinya untuk menendang, menggeser, atau mendorong. Otot leher dan punggungnya pun kini lebih kuat. Ia mampu membalikkan, menggulingkan, bahkan menggeser badannya. Akhirnya, bayi anda dapat duduk sendiri tanpa bantuan orang lain di usia sekitar 7 bulan.

Kepandaian lainnya adalah kemampuannya menggenggam barang. Setelah pandai menggenggam, ia akan menikmati aktivitas menjatuhkan dan melempar benda-benda. Lalu bayi pada usia sekitar 7 bulan, ia dapat menggunakan jari dan ibu jari bersama-sama untuk sebuah tujuan, misalnya mengambil mainan.

Di usia 6-7 bulan, gigi-geligi bayi mulai tumbuh. Biasanya, bayi merasa gatal pada gusinya dan selalu ingin menggigit sesuatu. Ia senang memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya. Apa pun yang Anda berikan padanya akan dimasukkan ke dalam mulutnya dalam rangka memenuhi rasa ingin tahunya.

Permainan yang dianjurkan:

  • Berikan benda dari arah yang berbeda sehingga ia harus bekerja keras untuk menggapainya. Anda dapat memberikan botol plastik, atau mainan dari plastik yang bentuknya panjang.
  • Berhubung bayi Anda sekarang senang melempar benda-benda, cobalah memberinya benda-benda ringan yang bisa dilemparnya, seperti boneka, botol plastik, bola atau bantal.
  • Karena sekarang ia senang memasukkan benda ke dalam mulutnya, berilah teether atau handuk kecil bersih untuk digigitnya.
  • Bayi Anda pasti senang jika diajak berdansa bersama, atau ajak ia bouncing (melompat-lompat) di atas pangkuan Anda.
  • Duduklah di sampingnya, sehingga bayi Anda akan terangsang untuk berguling mendekat ke arah Anda, atau letakkan mainan favoritnya di dekatnya.
  • Main gerobak tangan (wheelbarrow). Caranya, dengan posisi bayi telungkup, pegang panggulnya, dan secara perlahan angkat tubuhnya. Ini adalah latihan yang baik untuk jungkir balik.
     

Sumber  ayahbunda.co.id