News Detail

Bayi baru umur 1 bulan, ini tips utuk mengoptimalkan perkembangannya

Setelah buah hati lahir ke dunia, pasti perasaan kita akan membuncah bahagia. Selain itu kita juga mungkin akan merasa bingung soal apa yang harus dilakukan pertama kali untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Tapi tak perlu terlalu khawatir, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil.

Dilansir dari mother.ly, indera pendengaran bayi sudah berkembang di usia satu bulan ini. Sehingga kita bisa mulai memberinya stimulasi dengan mengajaknya bicara, membacakan cerita, dan bernyanyi untuknya. Selain itu ada empat hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

1. Perbanyak kontak mata

Pada usia satu bulan, bayi sudah bisa melihat objek yang berjarak 8-12 inci di depan wajahnya. Coba untuk perbanyak kontak mata dengannya. Atau gerakkan benda di depan matanya dengan perlahan agar dia bisa mengikutinya.

2. Ajak bicara

Memang ia masih belum bisa menjawab pertanyaan kita. Tapi inder pendengarannya sudah mulai berkembang dan bisa bereaksi dengan suara-suara familier. Coba ajak bicara dan nyanyikan lagu. Bisa juga dengan mulai lebih sering membackan cerita untuknya.

3. Respon “bahasanya”

Saat ia menangis, coba beri respon dan tenangkan. Saat ia menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu, segera beri tanggapan. Respon dan tanggapi “bahasanya”, sekalipun yang ia perlihatkan hanya tangisan tetap saja kita perlu memberinya respon agar ia bisa merasa nyaman dan aman.

4. Dekap dan gendong si kecil

Pada usia satu bulan, si kecil sudah bisa menggerakkan kepalanya. Saat mendekap dan menggendongnya, arahkan wajahnya untuk bisa bertatapan dengan kita. Cara ini merupakan salah satu cara mudah untuk membangun ikatan antara ibu dan anak sejak dini.

Selain itu, kita sebagai ibu juga tetap perlu memperhatikan kondisi tubuh kita. Karena baru melahirkan, tentu ada banyak hal yang perlu kembali disesuaikan. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi juga, ya bunda..

Sumber : Fimela.com