News Detail

Bayi bunda cegukan, ini cara mengatasinya

Ayah, bunda..

Pernah ya mengalami bayi kita cegukan..

Rasanya kasihan ya, melihat si Kecil yang tiba-tiba cegukan,… bisa merasakan bahwa si Kecil pasti merasa kurang nyaman. Sebenarnya apa penyebab cegukan, dan bagaimana mengatasinya?

Kenapa Ya bayi Bisa Cegukan?
Secara teori, cegukan didefinisikan sebagai kontraksi reflex yang terjadi pada diafragma, yang disebabkan adanya udara yang masuk ke diafragma, atau stimulasi pada otot. Untunglah, cegukan, selama tidak mengganggu tidur atau terjadi secara berlebihan, bukanlah suatu hal yang mengindikasikan situasi yang serius kok, Mam. Jadi tak perlu panik saat menghadapi si Kecil yang cegukan.

Penelitian pun menunjukkan bahwa cegukan adalah hal yang umum terjadi pada bayi, terutama di bawah usia 1 tahun. Bayi pun cegukan lho, saat masih di dalam kandungan.
Lalu mengapa hal ini bisa terjadi pada bayi? Menurut profesor bidang pediatric di University of Texas health Science Center di Houston, Lynnette Mazur, cegukan pada bayi umum terjadi saat makan/minum. Dalam situasi lain, misalnya kedinginan, si Kecil pun bisa mengalami cegukan.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

1.  Ganti Posisi Menyusui
Saat menyusui sering kali udara juga ikut masuk ke mulut bayi, hal inilah yang menyebabkan terjadinya cegukan. Cara mengatasi cegukan pada bayi baru lahir, salah satunya dengan mengubah posisi menyusui. Setelah memperbaiki posisi menyusui, diharapkan bayi tidak lagi kemasukan udara bersamaan dengan ASI. Jika cegukan masih terjadi, hentikan sementara proses menyusui, karena kemungkinan besar bayi akan tersedak karenanya.

2.  Pastikan Posisi Menyusui Benar


Ada baiknya, cek juga posisi menyusui kamu. Apakah sudah benar atau belum? Posisi menyusui yang tepat adalah puting beserta areola (bagian kulit berwarna lebih gelap yang melingkari puting) masuk ke mulut bayi, diikuti perut bayi berhadapan langsung dengan perut kamu. Jika sudah begitu, bayi pun bisa menerima ASI secara perlahan, hingga cegukan pun tak akan terjadi.

3.  Memeluk Bayi


Cara mengatasi cegukan pada bayi baru lahir yang paling sederhana adalah dengan memeluknya. Memeluk bayi dipecaya mampu memberi ketenangan saat tubuh mungilnya harus mengalami cegukan yang sedikit mengganggu. Biasanya dalam beberapa menit saja, bayi akan berhenti cegukan dan kembali dalam keadaan normal.

4.  Menepuk Punggung Bayi
Selain memeluknya, mengatasi cegukan pada bayi baru lahir juga bisa kamu lakukan dengan menepuk punggung bayi. Gendong bayi dengan posisi seperti berdiri, letakkan kepalanya di pundak kamu, lalu tepuk tepuk punggung bayi secara lembut hingga ia bersendawa. Cara ini jika terus dibiasakan, cukup ampuh menghentikan cegukan dengan cepat.

5.  Beri Makan Sedikit Demi Sedikit

 

 

 

 

 

 

Bayi kamu sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI? Untuk menghindari cegukan, sebaiknya berikan ia makanan sedikit demi sedikit dan secara perlahan. Dengan cara ini, si kecil tak akan terburu-buru saat harus menelannya. Jika cegukan yang disertai muntah terjadi, segeralah bawa ke dokter, karena biasanya hal ini menandakan bayi sedang mengalami masalah pada perut.

Baca juga :

  • Cara memilih mainan anak sesuai umurnya
  • Buat ibu yang bekerja ini tips agar tetap bisa jalani ASI ekslusif

    Menurut dokter spesialis anak sekaligus penulis buku “Play and Learn”, cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya saat si kecil tidur. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, cegukan juga tak akan lagi muncul karena keseimbangan pada sistem tubuh yang semakin meningkat. Namun untuk meminimalisir rasa kurang nyaman ketika cegukan dialami sang buah hati, kamu bisa mengikuti caramengatasi cegukan pada bayi baru lahir di atas.

Bunda sebaiknya mencermati, bila cegukan si Kecil terjadi terlalu lama atau sering, sudah tidak terkendali dan menyebabkan bayi muntah, batuk, rewel, atau tidak mau minum ASI sebaiknya segera konsultasi ke dokter ya.