News Detail

Begini cara mudah mengatur jam tidur anak

Ayah buda, kita mungkin sudah tahu ya kalau bayi yang baru lahir memiliki waktu tidur yang cukup lama? Waktunya bisa berkisar antara 17 hingga 18 jam per hari pada minggu pertama kelahirannya.

Namun, secara perlahan waktu tidur tersebut akan berkurang hingga 15 jam per hari pada bulan ketiga.

Meskipun begitu, si kecil juga bisa mengalami tidak dapat tidur nih Mampaps! Yap, biasanya dia bisa terjaga 3 hingga 4 jam pada siang bahkan malam hari.

Baca Juga: Ini cara menjemur bayi yang belum banyak ibu ibu tahu

Nah, di saat malam hari inilah waktu tidur anda juga sedikit terganggu karena popok si kecil yang basah atau bunda  harus menyusui si kecil.

Namun, hal ini bisa Mampaps atur dengan cara mengatur pola tidur si kecil sejak kecil. Bagaimana Caranya? Yuk, intip cara mudah berikut ini:

Kenali Tanda-tanda Si Kecil Mulai Lelah

Kenali Tanda-tanda Si Kecil Mulai Lelah

Bagaimana sih caranya tahu si kecil mulai lelah? Nah, saat si kecil sudah mulai menguap, mengucek matanya, menarik daun telinga dan sedikit rewel inilah tanda ia sudah mulai lelah. Jika si kecil sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tersebut, maka sebaiknya tidurkan si kecil.

Perlu diketahui, si kecil yang masih berusia enam hingga delapan minggu tidak dapat terjaga dalam waktu dua jam penuh. Jika Mama tidak membuat si kecil tidur, dapat kemungkinan si kecil mengalami masalah pada tidurnya  Nah, mengatur pola tidur si kecil memang harus diperhatikan sejak ia baru lahir.

Ajari Perbedaan Siang dan Malam

Ajari Perbedaan Siang dan Malam

Bagi sebagian Ibu muda, begadang menjadi hal yang biasa dilakukan setelah bayi baru lahir. Ini dikarenakan sebagian bayi baru akan bangun saat anda  akan tertidur, istilah ini juga biasa di sebut night owl.

Namun, jangan khawatir anda  bisa memulai mengatur pola tidur si kecil secara perlahan dengan mengajari mereka mengenai perbedaan siang dan malam. Bagaimana caranya?

Nah, bisa memulai melatih nya saat si kecil berusia 2 minggu dengan bermain bersamanya sesering mungkin si siang hari serta pastikan cahaya di dalam ruangan juga terang dan lakukan aktivitas yang biasa di lakukan di siang hari ya

Nah, pada saat malam hari jangan mengajak si kecil untuk bermain dan bercanda. Mulailah untuk meredupkan lampu di kamar tidurnya dan membuat suasana menjadi hening agar dia dapat membedakan siang dan malam.

Haruskah Menyusui Pada Malam Hari?

Haruskah Menyusui Pada Malam Hari?

Pertanyaan ini sering berkecamuk di kepala ibu muda? Tentu iya bukan? Nah, menurut para ahli bayi yang baru lahir hanya melakukan makan dari ASI dan tidur saja.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memberikan ASI saat si kecil terjaga di tengah malam. Namun, jangan sampai lampu kamar tidur dinyalakan ya! Ini bisa membuatnya bisa terbangun sepanjang malam.

Cara Seru Membuat Si Kecil Tertidur

Cara Seru Membuat Si Kecil Tertidur

Banyak cara seru yang dapat anda  lakukan agar si kecil dapat tertidur dengan pulas dan nyenyak di malam hari, seperti menceritakan dongeng, menyanyikan lagu pengantar tidur, atau menyalakan musik klasik yang menenangkan.

Selain membuat si kecil rileks, dengan cara-cara tersebut dapat membuat si kecil terbiasa dan tahu waktunya tidur jika anda melakukannya secara rutin. Sangat menyenangkan bukan?

Jadwal Istirahat Singkat si Kecil

Jadwal Istirahat Singkat si Kecil

Agar mendapatkan tidur yang berkualitas, tentu sangat penting untuk Mampaps mengatur pola tidur si kecil. Berikut jadwal istirahat singkat si kecil saat siang hari berdasarkan usia mereka:

Usia Jadwal Istirahat
6 – 8 minggu 2 hingga 4 kali tidur singkat
3 – 4 bulan Pada usia ini, biasanya jadwal tidur singkat si kecil sudah terjadwal bekisar 2 – 3 kali. Di sini Mampaps bisa mengatur pola tidur si kecil
6 bulan Sama seperti usia 3 – 4 bulan, biasanya si kecil akan tidur singkat sebanyak 2 – 3 kali
9 – 12 bulan Si kecil akan memiliki tidur singkatnya pada pagi dan sore, yaitu sekitar 2 kali
18 bulan ke atas Biasanya pada usia ini, si kecil sudah mulai untuk meninggalkan tidur singkatnya, biasanya akan istirahat 1 kali pada siang atau pun sore hari

Baca Juga :Terapkan hal ini agar anak terbiasa duduk dlam posisi yang benar

Dengan mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk membuat si kecil terlelap tentu secara mudah anda bisa mengatur pola tidur si kecil pada malam hari nih!

semoga bermanfaat ya, jangan lupa share ya…

Sumber; mamapapa.id