News Detail

Buah yang tepat untuk menu MPASI

Masuk masa MPASI, bayi mulai bisa diberikan makanan dengan tekstur lembut. Khususnya di usia 6 bulan, kenalkan Si Kecil pada berbagai jenis makanan selain bubur bayi, bunda juga harus mengenalkan jenis MPASI yang lain termasuk buah. Beberapa buah berikut ini bisa menjadi pilihan untuk dijadikan puree atau bahan makanan yang dilembutkan, sebagai makanan pendamping ASI.

1. Apel


Buah bulat berwarna merah ini menjadi yang paling favorit untuk anak bayi. Teksturnya yang sedikit kasar namun memiliki rasa manis mampu menarik Si Kecil untuk memakannya dengan lahap.


Kandungan gizi seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C dan mineral lainnya terdapat dalam apel yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Karena mudah dicerna, apel juga tidak menyebabkan alergi khusus pada Si Kecil.


2. Pisang


Memiliki aroma yang khas, pisang juga menjadi buah yang cukup disukai bayi. Teksturnya lembut dan halus, sehingga mudah dilumatkan dan dicerna oleh Si Kecil. Harganya pun relatif terjangkau dan mudah didapatkan di pasar tradisional maupun swalayan.

Untuk jenisnya, Moms bisa memilih pisang ambon, pisang emas, atapun pisang susu. Dan karena diperuntukan bagi bayi, maka pilih yang sudah matang agar tidak mengganggu pencernaannya.A



3. Pepaya


Buah pepaya juga bagus dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI. Pepaya kaya akan folat, serat, dan vitamin A, C dan E. Kandungan serat dan enzim papin yang terdapat di dalam pepaya jua bagus untuk pencernaan bayi.

Pepaya sendiri menjadi salah satu buah yang dipilih sebagai obat alami saat mengalami sembelit atau masalah pencernaan pada orang dewasa juga.


4. Mangga


Mangga memiliki manfaat yang banyak, salah satunya untuk membantu perkembangan otak bayi. Dengan percampuran rasa manis dan masam yang segar, serta teksturnya yang cukup lembut, bisa menjadi salah satu buah favorit Si Kecil.


5. Jambu Biji


Salah satu varian jambu yang baik dikonsumsi Si Kecil adalah jambu biji. Buah ini memiliki vitamin C yang cukup tinggi dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat di dalamnya juga bisa menjaga kesehatan pencernaan anak.

Buah naga kaya vitamin C dan antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan si kecil sehingga membuatnya terhindar dari sembelit.

6. Buah Naga

Untuk mengolah buah naga, bund tidak perlu mengukusnya terlebih dahulu karena teksturnya sudah cukup lembut, bahkan mudah hancur. Moms hanya perlu menghaluskannya saja dengan saringan kawat. Rasanya yang manis sedikit asam pasti disukai si kecil.