News Detail

Cara menyimpan ASI yang benar

Anak adalah anugerah dari Allah Swt. yang perlu kita syukuri selayaknya kita sebagai orang tua untuk memberikan yang terbaik untuk kehidupannya sejak mereka bayi. Kebutuhan ASI atau air susu ibu untuk bayi adalah  hal utama yang harus mereka dapatkan. Bayi yang masih kecil mendapatkan asupan energi langsung dari ibunya melalui ASI. Untuk ibu yang bekerja di rumah, mungkin tidak masalah saat ia mengetahui bayinya lapar atau haus. Namun, untuk ibu yang bekerja di luar rumah, memberikan ASI eksklusif dalam dua tahun itu menjadi tantangan yang sangat besar. Untuk mereka yang bekerja di luar rumah, memikirkan alternatif cara menyimpan ASI agar terjaga kualitas selalu menjadi perhatian untuk semua mengingat kebutuhan ASI untuk bayi yang tidak bisa digantikan oleh susu atau asupan lainnya selama masa waktu ASI eksklusif.

Dukungan Program ASI Eksklusif

Pentingnya ASI sudah sangat dirasakan sejak dahulu. Beberapa tahun belakangan kemudian menjadi booming karena semakin banyak orang yang memahami pentingnya ASI untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dikemudian hari. ASI tak tergantikan, ASI sangat penting untuk bayi, ASI memberikan imun yang kuat untuk bayi bertumbuh dan berkembang, dan masih banyak lagi imbauan serta kampanye-kampanye yang menekankan pentingnya asupan ASI eksklusif untuk bayi.

Dukungan serupa hadir dari ayah sang bayi. Cerita tentang ayah ASI menghiasi beberapa media online untuk memberikan dukungan kepada ibu agar memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Dukungan ini sangat penting karena seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui anaknya seringkali di antara beberapa ibu mengalami rasa lelah, stres, dan merasa tak berdaya. Nah, dukungan ayah ini menguatkan ibu untuk selalu memberikan ASI terbaik untuk bayinya secara maksimal.

Dua Alternatif Cara Menyimpan ASI

Nah, untuk ibu yang bekerja di luar rumah, masalah menyediakan ASI agar program ASI eksklusifnya terus berjalan dengan baik, bisa dibantu dengan mencari cara menyimpan ASI dan juga mengantarkan kepada bayinya di rumah. Beberapa alternatif pilihan untuk tetap menyediakan ASI untuk kebutuhan bayi di rumah bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Menyimpan di Tabung atau Botol Khusus yang Bisa Disimpan di Lemari Es

Di beberapa toko online khusus perlengkapan bayi atau di toko-toko khusus perlengkapan bayi, sudah ada yang menyediakan tabung khusus untuk menyimpan ASI. ASI yang tersimpan dalam tabung atau botol khusus ini kemudian dipanaskan jika bayi sudah meminta ASI. Baik ayah yang di rumah maupun pengasuh tinggal memanaskan sebentar, lalu tuang ke dalam botol susu dan ASI siap diminum bayi

2. Menyewa Kurir

Untuk beberapa daerah, sudah tersedia kurir yang bisa membawa ASI dari kantor sang ibu untuk diantarkan kepada bayinya di rumah. Ibu yang bekerja di luar rumah akan terbantu karena tidak repot saat harus menyediakan ASI, sementara ia harus bekerja. Kurir ini mengantarkan dengan alat khusus yang memungkinkan tetap terjaganya kualitas ASI.

Kualitas ASI untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi sudah terbukti sangat bagus dibandingkan susu formula. Beberapa ahli sudah mengakui pentingnya ASI untuk bayi ini. Pembuktian ilmiah yang sudah dituliskan di jurnal-jurnal kedokteran sangat mendukung pentingnya asupan ASI. Tidak ada alasan menjadi ibu yang bekerja di rumah atau di luar rumah saat kita mengetahui cara menyimpan ASI dengan baik sehingga kita akan mendapatkan anak-anak kita yang tumbuh dan berkembang dengan baik. Ada kebanggaan yang muncul saat berhasil menuntaskan program ASI eksklusif.

Sumber abiummi.com