News Detail

Cobain bikin MPASI dari Alpukat yu bund

Resep MPASI berbahan Alpukat

Bunda, menu MPASI kita sehari-hari mungkin seputar bubur bayi ya..Tapi kadang sikecil juga perlu variasi MPASI agar tidak bosan. Bingung mau mengolah apalagi untuk si kecil? Anda bisa mencoba beberapa resep berikut dari buah alpukat ini. Buah yang bertekstur lembut dan kaya akan lemak tak jenuh ini sangat baik untuk bayi Anda yang baru belajar makan. Berikut beberapa resep dari buah alpukat seperti yang dilansir wholesomebabyfood.

Alpukat Tumbuk

Pilih alpukat yang matang, belah menjadi dua, kerok daging alpukat dan tumbuk dengan menggunakan sendok. Teksturnya yang lembut membuat alpukat mudah dihaluskan. Jadi Anda tidak perlu menggunakan blender untuk menghancurkannya. Alpukat yang ditumbuk akan lebih bagus dibanding yang diblender. Alpukat tidak perlu dimasak terlebih dahulu seperti halnya kita memberikan apel dan pir untuk bayi. Tambahkan Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula. Jangan menambahkan gula pada makanan bayi di bawah usia satu tahun karena gula masih belum diperlukan oleh bayi di bawah usia 1 tahun. Resep ini bisa disajikan untuk bayi berusia 4-6 bulan.

Creamy Banana dan Alpukat

Pilih satu buah alpukat dan pisang ambon sedang yang sudah masak. Hancurkan daging alpukat menggunakan sendok dan kerok pisang ambon dengan sendok. Satukan dalam satu wadah. Tambahkan ASI atau susu formula bila suka. Resep ini untuk bayi berusia 4-6 bulan.

Krim Alpukat

1 buah akpukat matang. Gandum atau sereal 1 sendok makan. Sedikit bawang putih, merica bubuk dan daun kemangi.

Caranya: belah alpukat dan ambil dagingnya, campurkan dengan gandum atau sereal. Bawang putih dan merica bubuk sebaiknya diolah terpisah. Bisa dihancurkan dan ditumis dengan unsalted butter, tambahkan 1 helai daun kemangi setelah bumbu ini matang. Tuang bumbu tersebut pada campuran alpukat dan sereal. Masukkan dalam blender dan tambahkan susu secukupnya. Setelah diblender, tempatkan dalam mangkuk. Bayi Anda bisa mencelupkan roti bakar atau sayuran kukus ke dalam krim alpukat tadi. Resep ini bisa Anda jadikan camilan yang sehat untuk si kecil loh. Resep ini untuk bayi berusia 8-10 bulan.

Alpukat Krim Keju

Pilih 1 alpukat yang sudah matang, hancurkan dengan sendok. Tambahkan sedikit keju. Perpaduan antara keju dan alpukat bisa Anda jadikan selai untuk roti tawarnya atau dimakan langsung. Resep ini untuk bayi berusia 8-10 bulan.

Salad Alpukat

3 buah alpukat matang
3 buah pisang ambon atau pisang cavendis yang sudah matang
3 buah pir atau apel yang sudah dikukus
yogurt (untuk bayi berusia 8 bulan ke atas)

Caranya: Hancurkan bahan-bahan di atas dengan blender. Blender sesuai dengan tekstur yang diinginkan. Untuk bayi yang sudah bisa memegang buah sendiri, Anda bisa memotong buah-buahan seperti melon, pir dan apel untuk dicelupkan ke dalam salad alpukat tadi. Resep ini untuk bayi berusia 8 bulan ke atas.

Creamy Avocado Mango Mousse

Jika bayi Anda belum bisa memakan yogurt, Anda bisa menggantinya dengan jus buah-buahan. Siapkan:

1 buah alpukat, potong dadu
1 buah mangga, potong dadu

Siapkan 1 buah mangga dan alpukat untuk dihaluskan dengan blender. Tambahkan susu jika suka.

Caranya: blender mangga, alpukat, susu atau yogurt (optional). Tempatkan dalam wadah dan biarkan bayi Anda mencelupkan potongan mangga atau alpukat kedalam krim tersebut. Resep ini untuk bayi berusia 6 bulan ke atas.

Peachy Avocados

1 buah persik
1 buah alpukat matang

Caranya: hancurkan buah persik dan alpukat dengan blender. Jika suka, buah persik bisa dikukus terlebih dahulu. Sajikan dalam mangkuknya. Resep ini untuk bayi berusia 6-8 bulan.

Pumpkin, Banana ‘Cado

Labu parang yang sudah dikukus
1 buah alpukat matang
1 buah persik

Caranya: Campurkan labu parang yang sudah dikukus, alpukat dan buah persik ke dalam blender. Hancurkan dan segera berikan pada bayi selagi masih segar. Resep ini untuk bayi berusia 6-8 bulan.

Peary Tasty Avocados

2 buah pir matang, kupas dan potong dadu
1 buah alpukat matang

Caranya: Hancurkan buah pir dan alpukat dengan blender. Segera sajikan selagi segar. Resep ini untuk bayi berusia 6-8 bulan.

Berikut ini adalah beberapa buah atau bahan-bahan yang cocok dicampurkan dengan alpukat

Pisang
Pir
Apel
Labu
Zucchini
Ayam
Yogurt

Selamat ber-mpasi bunda.

Sumber: bayibalita.com