News Detail

Cukup lakukan 3 langkah ini agar proses persalinan menjadi mudah

Banyak hal yang harus disiapkan jelang persalinan. Mungkin dalam bayangan para ibu persiapan tersebut adalah segala macam keperluan bayi, biaya rumah sakit, transportasi serta perlengkapan lain. Namun ada hal juga yang sebaiknya disiapkan ibu, yaitu ketenangan mental.

Pasalnya tak semua persalinan bisa berjalan dengan mudah, cepat dan lancar. Banyak faktor yang menentukan kondisi persalinan. Nah, ada tiga cara yang menurut penelitian bisa membuat proses persalinan jadi lebih mudah. Penasaran?

Konsumsi kurma
Mulailah rutin mengonsumsi kurma saat usia kandungan 9 bulan. Menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Obstetrics and Gynaecology, ibu yang mengonsumsi kurma setiap hari, cenderung lebih sedikit membutuhkan bantuan obat saat persalinan. Hal ini dibandingkan dengan ibu yang tak pernah makan kurma sama sekali selama hamil. Zat dalam kurma juga mirip oksitosi yang bisa memicu kontraksi dan membantu proses bukaan.

Tidur lebih lama
Ibu yang tidur kurang dari 6 jam setiap hari selama kehamilan, ternyata cenderung menjalani proses persainan 11 jam lebih lama. Termasuk lebih empat kali berisiko menjalani operasi caesar. Hal ini dipublikasi dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology.

Untuk itu pastikan selama hamil, ibu tidur dengan cukup dan nyaman. Bisa memakai bantal tambahan di bagian kaki dan punggung agar tidur lebih nyenyak.

Latih kekuatan kaki
Untuk yang satu ini sangat penting karena akan membantu ibu menempatkan posisitubuhnya dengan tepat selama proses persalinan. Latihan terbaik untuk itu jelang persalinan dan untuk kekuatan kaki adalah squatt atau menggunakan balancing ball.Lakukan setiap hari terutama pagi hari sambil melakukan peregangan tubuh.

Sumber: Fit Pregnancy

Artikel Terkailt: