News Detail

Ini dia menu MPASI sehat bayi umur 1 tahun atau lebih

Waktu berjalan begitu cepat, tak terasa bayi mungil yang Anda lahirkan akan segera menginjak usia 1 tahun. Pada momen ini, pasti sebagian besar orang tua sedang sibuk menyiapkan perayaan ulang tahunnya yang pertama.

Kesibukan tersebut jangan sampai membuat Anda lupa untuk memberikan makanan sehat bayi 1 tahun kepada si kecil. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait makanan sehat anak 1 tahun. Oleh karena itu, simaklah panduan praktis dan menu makanan anak 1 tahun di bawah ini.

Panduan pemberian makanan sehat bayi 1 tahun

Anda perlu mengetahui panduan praktis di dalam pemberian makan pada bayi usia 1 tahun. Hal ini penting karena terkait dengan asupan gizinya. Asupan gizi yang baik akan menunjang pertumbuhan yang baik pula.

Berikut ini beberapa panduan praktis untuk pemberian makanan sehat bayi 1 tahun:

1. Kecukupan gizi

Menurut rekomendasi dari Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi X1 tahun 2012, angka kecukupan energi untuk anak usia 1 tahun adalah 1125 kkal, sedangkan untuk angka kecukupan protein adalah 26 gram.

Kandungan gizi ASI pada saat bayi berusia 1 tahun adalah 350 kkal dan 8 gram protein. Jadi, bayi membutuhkan makanan dengan kandungan gizi sebesar 775 kkal dan 18 gram protein dalam sehari.

2. Tekstur makanan

Menu makanan anak usia 1 tahun sudah mulai memiliki tekstur semi padat. Makanan sehat bayi 1 tahun semi padat yang biasanya diberikan adalah berupa nasi tim. Nasi tim ini sangat cocok sebagai makanan sehati bayi 1 tahun yang juga merupakan makanan transisi ke makanan padat.

Anak usia 1 tahun sudah harus terbiasa dengan tekstur makanan semi padat agar mudah memberikannya makanan padat. Jangan membiarkan anak terus mengonsumsi makanan lunak dan tidak pernah diperkenalkan makanan padat. Hal ini bisa memengaruhi pertumbuhan gigi permanennya yang akan tumpang tindih kelak saat dewasa.

3. Jenis makanan

Lauk pada makanan sehat anak 1 tahun bisa diberikan secara bertahap untuk melihat reaksi alergi satu demi satu jenis lauk. Selain beras yang berupa nasi tim, Anda juga bisa memberikannya makanan pokok berupa aneka pasta seperti makaroni.

Khusus untuk jenis sayuran, Anda bisa memberikannya buncis, brokoli, kacang panjang, kacang kapri, dan kacang kedelai. Anda bisa memberikannya buah seperti kiwi, melon, alpukat, pisang, dan lainnya.

4. Frekuensi dan waktu makan

Makanan sehat bayi 1 tahun memiliki frekuensi sebanyak 3x untuk makanan berat dan 2x untuk makanan selingan. Makanan berat diberikan pada waktu pagi, siang, dan sore. Selanjutnya, makanan selingan  diberikan di antara waktu makan pagi dan siang yakni sekitar jam 10 pagi dan di antara makan siang dan sore yakni sekitar jam 2-3 siang.

5. Komposisi menu sehari

Menu makanan sehat bayi 1 tahun dalam sehari harus mengandung 775 kkal dan 18 gram protein di luar asupan ASI. Anda harus mengetahui komposisi makanan sehat anak 1 tahun dalam sehari agar bisa mencukup kandungan gizi tersebut. Komposisi bahan makanan ini disesuaikan dengan frekuensi makan bayi yang sudah disebutkan.

Komposisi menu makanan sehat bayi 1 tahun yang baik dalam sehari terdapat beras 150 gram, aneka lauk protein hewani seperti daging/ telur/ ayam/ ikan sebesar 50 gram, lauk protein nabati seperti tahu/ tempe sebesar 50 gram, sayuran sejumlah 50 gram, dan buah sebesar 100 gram.

6. Cara pemberian makan

Cara pemberian makan kepada anak usia 1 tahun bisa mencoba teknik Baby Led Weaning yang membiarkan anak memegang kendali penuh untuk menyuapi dirinya sendiri. Pada awalnya akan banyak makanan yang tumpah bila ia menggunakan sendok.

Apabila makanan sudah mulai padat, Anda bisa menyingkirkan sendok dan membiarkannya makan dengan menggunakan jari jemarinya. Cara ini memberikan efek positif pada kemandirian anak kelak seiring pertambahan usianya.

Menu makanan sehat bayi 1 tahun

Berikut ini adalah beberapa contoh menu makanan sehat bayi 1 tahun:

Makanan utama

Ada beberapa menu makanan utama untuk bayi yang bisa jadi inspirasi bagi para ibu, yaitu:

  • Bubur susu beras merah
  • Bubur jagung manis
  • Nasi tim brokoli wortel (kaldu)
  • Makaroni keju dan daging
  • Nasi lunak plus semur bola-bola daging, tumis sayur pelangi
  • Nasi lunak plus salmon kukus, sayur bening
  • Nasi lunak plus ayam goreng suwir, tumis buncis, dan lainnya

Makanan selingan

Bukan hanya menu makanan utama untuk bayi, ada juga beberapa menu makanan selingan yang bisa diberikan untuk si kecil, seperti:

  • Bubur kacang hijau
  • Puding buah
  • Biskuit susu
  • Oatmeal susu
  • Nagasari
  • Pancake, dan lainnya

Sumber: Doktersehat.com

Baca Juga artikel menarik ini :