News Detail

Langkah mudah menghentikan kebiasaan sikecil yang suka menggigit

Bunda, pernah nggak sih menghadapi fase si kecil suka menggigit orang lain? Untuk menghentikan kebiasaan itu, Bunda harus ekstra sabar menghadapinya. Bahkan, harus pelan-pelan menjelaskan kepada mereka mengenai bahayanya.

Sebelumnya, Bunda juga disarankan untuk mengetahui dulu penyebab kebiasaan menggigit pada anak. Jadi bisa menanganinya secara tepat sasaran, tanpa menimbulkan ‘drama’ pada si kecil.

Menurut Care for Kids, seperti dikutip dari Babyology, anak-anak di bawah tiga tahun senang menggigit sesuatu karena mereka sedang berada pada masa tumbuh gigi, ingin tahu, bersemangat, lelah, stres, mencari perhatian atau merasa tidak sehat dan tidak berdaya (terutama ketika mereka lebih kecil di kelompoknya). Agar cepat ditangani, Bunda sebaiknya menganalisa dulu apa yang membuat mereka suka sekali menggigit.

Seorang ahli yang telah menulis beberapa buku pengasuhan anak, Liat Hughes Joshi, yang dirilis Kidspot, mengatakan bahwa alasan anak-anak suka mengigigit bisa jadi dikarenakan mereka frustasi. Mereka lelah setelah berjuang untuk berkomunikasi atau berusaha berdamai dengan emosinya.

“Ini juga bisa berarti mencari perhatian karena mereka belajar bahwa jika mereka menggigit, orang dewasa akan berlari. Untuk balita, alasannya mungkin karena mencari perhatian terutama jika mereka merasa tidak aman setelah kedatangan saudara baru atau setelah terjadinya perubahan besar di rumah,” kata Liat.

Apa yang bisa dilakukan?

Sangat umum bagi anak-anak kecil untuk menggigit dan hal ini memang terjadi sangat cepat tanpa peringatan. Sehingga penting sekali ya Bun untuk mengawasi ekstra anak-anak dengan benar. Jika kebiasaan tersebut makin sering dilakukan si kecil, jangan menghadapinya dengan kepanikan. Lakukan beberapa langkah berikut, Bun, agar kebiasaan menggigit si kecil perlahan dapat menghilang.

Latih pencegahan

Saat bayi sedang tumbuh gigi, pastikan untuk menyediakannya teether atau waslap di tangan sehingga dia cenderung tidak akan mendaratkan giginya ke lengan seseorang.

Hindari kemarahan si kecil

Kita akan menghadapi situasi, dimana si kecil mudah marah lalu ingin menggigit sesuatu. Karenanya, pastikan semua kebutuhannya terpenuhi seperti misalnya waktu makan dan tidur siang. 

Sediakan camilan

Ketika si kecil tampak begitu rewel saat bermain, berikan ia camilan untuk menenangkannya. Cara ini dapat mengalihkan kemarahannya dan perlahan menghentikan kebiasaannya menggigit.

Berikan anak cukup waktu sepanjang hari

Agar kebiasaannya mengigit berkurang, berikan kesibukan pada si kecil setiap waktu. Misalnya, dengan membaca atau bermain bersama, sehingga dia tidak menggigit hanya untuk mendapatkan perhatian. Perhatian ekstra sangat penting ketika anak sedang mengalami perubahan besar dalam hidupnya. Untuk itu, tetaplah dampingi dan berikan pengawasan, serta perhatian ekstra ketika ia sedang bermain sendiri ataupun bersama teman-temannya.