News Detail

Mainan bayi umur 1 tahun yang perlu dibeli

Si Kecil sudah berusia 1 tahun? Saatnya memaksimalkan tumbuh kembangnya, salah satunya dengan memilih mainan yang tepat.

Di usia 1 tahun, anak-anak mengalami perkembangan yang pesat, baik untuk urusan fisik maupun emosinya.

Di usia ini, juga sudah harus mengenalkannya pola dan bentuk.

Ada beberapa mainan yang bisa membantu Si Kecil untuk belajar pola, bentuk, dan yang lainnya.

Orangtua milenial seolah memiliki tantangan tersendiri terhadap bentuk permainan yang diminati oleh anak-anaknya. Terbiasa memanfaatkan teknologi sebagai pengawas si Kecil bermain membuat dirinya menjadi enggan bermain dengan benda-benda atau mainan lain yang dapat disentuh. 

Untuk itu, Bunda perlu membiasakan si Kecil berinteraksi langsung dengan orang-orang sekitar dan bermain yang dapat membantunya berkembang secara kognitif dibandingkan terbiasa di depan gadget, komputer atau layar televisi. 

Perlu disadari kalau kegiatan bermain sangat dibutuhkan oleh anak-anak, namun pilihlah mainan edukasi untuk anak 1 tahun yang dapat membantunya berkembang secara fisik dan mental. 

Kalau bunda yang masih bingung membelikan mainan edukasi apa saja untuk si Kecil berusia 1 tahun. Tak perlu khawatir karena kali ini Bubur ONiC sudah merangkum beberapa rekomendasinya. 

Semoga bisa bermanfaat ya bunda..

1. Mainan yang mengenalkan bentuk, warna hingga huruf

Untuk membantu pengetahuan si Kecil dalam mengenal sebuah bentuk, warna, dan sebuah huruf abjad bisa menggunakan sebuah permainan. 

Melalui mainan ini, bunda bisa mengajak si Kecil untuk memisahkan mainan-mainan sesuai dengan warna atau bentuknya.

Melalui sebuah permainan edukasi ini, kemampuan kognitif dirinya akan berkembang. Mulai dari kontruksi proses berpikir seperti mengingat, pemecahan masalah hingga pengambilan keputusan secara tepat.

Sebagai orangtua, Bunda tentu memiliki peran penting dalam menemani si Kecil bermain. Dirinya tidak hanya ditinggalkan begitu saja dengan segala mainan yang dimilikinya, orangtua bisa ikut serta sekaligus membantunya belajar melalui media permainan. Bahkan interaksi sosial si Kecil juga bisa ditingkatkan melalui mainan edukasi yang dimilikinya.

2. Mainan alat musik 

Tidak hanya berfungsi sebagai mainan yang dapat menghibur si Kecil saja, namun sebuah mainan dapat dijadikan media pembelajaran. Mainan alat musik bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat dibeli. 

Sebuah mainan alat musik dapat bermanfaat sebagai media untuk melatih si Kecil lebih peka, khususnya indera pendengaran. Jika dirinya juga menyukai alat musik, Mama tidak ada salahnya membelikan beberapa mainan anak musik untuknya. 

Beragam mainan alat musik yang diberikan untuknya, tentu akan semakin mendorong ketertarikannya pada musik.

Apalagi bila mainan yang dibelikan penuh dengan warna-warna cerah, sehingga semakin menarik perhatian si Kecil untuk memainkannya. 

3. Mainan dengan kegiatan fisik

Sebuah mainan yang mengharuskan si Kecil melakukan kegiatan fisik juga perlu diberikan untuknya. Selain menyenangkan, permainan jenis ini dapat membantu anak bunda mengembangkan sebuah koordinasi antara mata dan tangan serta kemampuan motoriknya. 

Mainan yang lebih mengarah ke kegiatan fisik biasanya seperti bola, sepeda atau sekedar main bowling plastik khusus anak-anak. Melalui mainan dengan kegiatan fisik, si Kecil dapat terdorong semakin lebih aktif apalagi seluruh anggota tubuhnya ikut bergerak.

Selain itu, mainan yang memicu si Kecil melakukan kegiatan fisik yaitu saat sedang bermain rumah-rumahan. Jenis mainan ini dapat membantu perkembangan fisiknya karena anak mama termotivasi untuk merangkak dan berjalan sekaligus merasa rasa keingintahuannya karena ingin masuk menuju rumah-rumahan tersebut. 

4. Mainan dengan tema binatang

Seperti orangtua umumnya, Bunda tentu ingin anak-anak menjadi pintar. Untuk itu, Mama bisa membeli mainan dengan tema binatang sebagai pilihan.

Mainan ini dapat membantu anak bunda berlatih mengenal sekaligus mengingat berbagai nama dari jenis binatang melalui sebuah mainan. 

Saat bermain dengan mainan menyerupai figur binatang-binatang, si Kecil juga bisa berimajinasi sambil duduk tanpa terlalu banyak bergerak. 

Jangan lupa temani si Kecil untuk bermain bersama ya, Bun!

5. Mainan yang bisa digerakan menggunakan kaki 

Bunda pasti seringkali melihat berbagai mainan seperti sebuah mobil, sepeda, motor hingga kereta di pusat perbelanjaan. Perlu disadari kalau permainan jenis ini memang bisa dinaiki oleh si Kecil, sehingga kakinya akan berusaha terlatih untuk menggerakan. 

Jika rutin memainkan permainan jenis ini, tanpa disadari dapat membantu perkembangan fisik si Kecil apalagi kedua kakinya akan berusaha untuk menggerak-gerakan mainan tersebut. Saat bermain bersama, Mama bisa sekaligus memberikan pelajaran mengenai rambu-rambu lalu lintas. 

Itulah beberapa pilihan mainan edukasi yang bisa dipilih Mama sebagai alternatif permainan di rumah. Perlu diingat kalau sebuah permainan edukasi sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil di masa depannya nih, Bun..

Sumber:popmama.com