News Detail

Manfaat berlatih berpuasa buat anak

Ayah Bunda…ramadhan sebentar lagi tiba, anak-anak kita sudah mulai tumbuh besar, ada terbersit di kita untuk melatih mereka berpuasa. Manfaat puasa Ramadan ini ternyata tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa saja loh, akan tetapi dapat juga dirasakan oleh si kecil. Meskipun anak kecil belum memiliki kewajiban untuk berpuasa, tetapi tak ada salahnya untuk mengajarkan kepada mereka mengenai puasa Ramadan ini.

Biasanya orangtua masih was-was untuk menyuruh buah hatinya berpuasa. Alasannya takut anaknya kekurangan cairan tubuh dan menghambat perkembangannya, karena mesti menahan nafsu makan dan minum. Namun, kamu enggak perlu khawatir, sebab sebenarnya puasa menyimpan berbagai manfaat istimewa bagi dirinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selama puasa pola makan, kadar cairan, dan asupan nutrisi memang akan sedikit berkurang. Tapi ini enggak akan terlalu memengaruhi tumbuh-kembang anak secara signifikan. Ibaratnya, bila anak menerima nutrisi 10, maka di bulan puasa, mungkin dia hanya menerima 8. Enggak perlu risau, ini hanya berlangsung selama 30 hari dari 365 hari perkembangannya tiap tahunnya kok.

Kata pakar nutrisi, bulan puasa justru punya banyak manfaat untuk Si Kecil. Misalnya, mengoptimalkan dan memperbaiki fungsi sistem pencernaannya. Pasalnya, 11 bulan di luar bulan puasa, bisa jadi mereka terbiasa mengonsumsi makanan yang berlebihan dan kurang sehat. Nah, berpuasa akan membantu mendetoksifikasi saluran pencernaan agar lebih sehat.

Lalu, apa lagi sih manfaat berpuasa bagi anak?

  1. Menurunkan Berat Badan

Puasa memang enggak selalu bisa menyebabkan penurunan berat badan, tapi ada juga sebagian orang yang beratnya turun setelah berpuasa. Melansir The Washington Post, seorang ahli diet di Teheran, Iran, membantu orang yang kelebihan berat badan mencapai bobot ideal. Si ahli menyarankan orang dengan obesitas untuk mengonsumsi makanan sehat saat berbuka seperti sup, roti segar, dan keju dari susu kambing, daripada makanan yang berlemak dan manis.

Makanan di atas merupakan makanan tradisional Iran yang biasa dimakan di bulan puasa. Enggak cuma itu, mereka pun juga tidak diperbolehkan untuk menambahkan gula dan saus ke dalam makanannya. Setelah bulan puasa berakhir, bobot mereka pun turun dan tubuh jadi lebih langsing. Nah, bukankah ini kabar baik bagi kamu yang memiliki buah hati dengan berat badan berlebih?

  1. Belajar Kebiasaan Sehat

Bila anak sudah terbiasa mengonsumsi banyak makanan manis dalam kehidupan sehari-hari, di bulan Ramadan ini kamu bisa mengajarinya untuk mengurangi kebiasaan itu. Misalnya, ketika waktu berbuka kamu bisa menyajikan menu sehat seperti karbohidrat kompleks untuk diubah menjadi glukosa secara perlahan. Contohnya, biji-bijian dan makanan tinggi serat lainnya.

Jangan salah lho, perubahan ini punya manfaat ganda. Pertama, jelas bertambah sehat karena makanan tersebut kaya nutrisi dan rendah kalori. Kedua, anak enggak akan merasa lapar yang teramat pada siang hari. Kok bisa? Nah, makanan dengan karbohidrat kompleks ini butuh waktu lama untuk diubah menjadi glukosa. Alhasil, anak punya energi selama berjam-jam sehingga bisa membantu meredakan rasa lapar di siang hari.

  1. Lebih Dewasa

Menurut hasil riset dari seorang profesor emeritus di Universitas Raja Saud, Arab Saudi, anak-anak yang berpuasa di bulan Ramadan cenderung mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan mental yang lebih baik, bila dibandingkan dengan anak yang enggak berpuasa. Menariknya lagi, mereka yang berpuasa cenderung mampu mengemban tanggung jawab dan lebih cepat dewasa dalam berpikir, berperilaku, dan bersikap.

  1. Tubuh Makin Sehat

Ada juga penelitian dari Amerika Serikat mengenai anak yang berpuasa di bulan Ramadan. Kata ahli, kebiasaan bangun di malam hari, diikuti dengan gerakan ringan seperti shalat, menghirup udara, atau minum air putih amat baik bagi ketahanan dan kesehatan tubuh.

Enggak cuma itu, hasil riset itu juga menunjukkan bahwa anak yang dibiasakan bangun malam atau pada waktu sahur, memiliki kebugaran tubuh yang lebih prima. Nah, oleh sebab itu orangtua perlu melatih dan membiasakan anak berpuasa. Tujuannya, agar kesehatan dan kebugaran fisiknya lebih prima di masa mendatang.

  1. Lebih Bisa Mengendalikan Diri

Lewat puasa anak juga bisa diajarkan disiplin waktu. Cobalah ajak mereka membiasakan diri bangun lebih pagi untuk beribadah bersama keluarga atau belajar. Kata ahli, puasa juga bisa melatih kesabaran anak dalam menahan lapar dan dahaga. Selain itu, puasa juga bisa mengajarkan anak lebih sabar dalam mengendalikan diri dari kebiasaan “serba enak”, dan sikap manja lainnya.

(Baca juga: Buat ibu yang bekerja ini tips agar tetap bisa jalani ASI ekslusif

6. Menumbuhkan mental yang baik

Anak kecil yang gemar dan terbiasa melakukan puasa Ramadan akan memiliki perkembangan mental yang baik. Pada awalnya memang belum terlihat dan terasa, tetapi lambat laun anak-anak kecil yang rajin berpuasa ini akan menunjukan perkembangan mereka dengan pesat dalam banyak hal, salah satunya adalah perkembangan mental mereka. Tidak percaya? Bandingkan saja antara anak-anak yang gemar berpuasa dan yang tidak. Si kecil yang gemar berpuasa memiliki mental yang baik, mereka akan tidak mudah marah, cengeng,  ataupun rewel. Berbeda halnya jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berpuasa.

7. Meningkatkan kecerdasan anak

Manfaat puasa Ramadan bagi si kecil selanjutnya adalah dapat meningkatkan kecerdasan mereka, yakni kecerdasan spritual mereka. Berdasarkan sebuah penelitian psikolog asal Amerika, Daniel Golemen, ternyata terdapat perbedaan perkembangan psikologis pada anak yang sabar menunggu dan tidak sabar, hal ini dapat kita lihat pada saat si kecil berpuasa. Si kecil yang berpuasa akan memiliki jiwa yang jauh lebih sabar, ramah, patuh, taat, tenang, dan jujur. Sebab, mereka terlatih untuk dapat menahan diri dari berbagai hal yang dapat membatalkan puasanya.

8.Dapat menjadikan ini sebagai sarana untuk melatih mereka beribadah.

Tak hanya berpuasa saja, tetapi juga ibadah lainnya yang dapat dilakukan di bulan puasa, seperti mengaji, salat tarawih, maupun berzakat. Tentu saja hal ini akan sangat baik bagi si kecil. Mereka akan terbiasa melakukan ibadah sejak mereka masih kecil. Jadi, ketika dewasa mereka sudah terbiasa dan tidak asing lagi.

Itulah 8 manfaat puasa Ramadan yang akan si kecil dapatkan. Jangan pernah lelah untuk mengajarkan mereka  berpuasa. Biasakan mereka untuk puasa Ramadan dengan bertahap sesuai dengan usia dan kemampuannya. Namun, ketika mereka sudah balig maka tentu saja orang tua harus mewajibkan hal ini kepada mereka.

Kini Bubur Onic telah hadir di 14 outlet di sekitar Bojonggede, Cilebu dan Tajur Halang. yu..mulai dari bayi kita perhatikan MPASI anak kita dengan memberikan Bubur Bayi yang bernutrisi tinggi dan terjaga kehalalan dan kebersihannya. Untuk mengetahui Outlet yang terdekat dengan Rumah ayah, bunda bisa kliklin ini : Daftar Outlet Bubur ONiC