News Detail

Mau liburan bareng keluarga di Bogor, ini tempat yang mungkin pas untuk keluarga

Ayah bunda, sudah beberapa hari setelah lebaran, pasca kegiatan silaturahim ke sanak saudara beberapa hari ini. Sudah saatnya juga mengajak anak – anak dan keluarga untuk berekreasi. Jika budget pas pasan apalagi menjelang tahun ajaran baru tak salahnya kita rencanakan untuk pergi ketempat yang tidak terlalu jauh, jika kita tinggal disekitar depok atau bogor bisa coba tempat wisata yang satu ini. Taman wisata herbal yang bernama Taman Herbal Insani.

Taman Herbal Insani sendiri adalah hasil inisiasi dari sang pemilik, Bapak Ir. Mahendra, yang ingin menggabungkan konsep taman herbal dengan taman wisata yang ramah lingkungan untuk keluarga. Tidak hanya itu, Taman ini dibuat sebagai sarana memperkenalkan pada masyarakat tentang pemanfaatan tanaman obat, budidayanya serta cara pengolahannya di wilayah Kota Depok. Wah, keren ya! 

Meskipun terletak di lokasi yang bisa dibilang terpencil, Taman ini ternyata terus dipadati oleh pengunjung yang datang di setiap akhir pekan. Taman Hebal Insani ini (masih) berlokasi di Kota Depok lho!

Tepatnya di Jl. Kp. Kondang No.26, Kelurahan Duren Seribu, Kecamtatan Bojongsari. Intinya, lokasinya hampir di perbatasan Kota Depok dan Kabupaten Bogor.

Petunjuk arah ke taman wisata herbal insani ini cukup banyak, ayah bunda bisa mengikuti arah petunjuk itu hingga menuntun kita ke lokasi wisata.

Daya Tarik Taman Herbal Insani

Tiket masuk taman herbal insani diwaktu hari biasa Rp 20.000 sudah termasuk free area kolam renang dan wahana perahu gethek. Untuk musim lebaran kemungkinan akan berbeda ya, tapi masih sangat terjangkau.

Saat sudah membeli tiket masuk, kita disuguhkan pemandangan taman bermain yang bersih. Saat turun kewisata sebelah kiri ada kolam ikan mini.

Khusus pejalan kaki rata-rata sudah v-block, jadi tidak ada istilah becek kalau hujan. Jalur khusus pejalan kaki, didekorasi sedemikian rupa. Pernak-pernik payuk, topi petani yang berwarna-warni menghiasai jalan. Pohon-pohon yang rindang menjadikan suasana jadi teduh, namun hanya dibeberapa tempat saja. Taman dengan rumput yang bersih, menjadi berkumpulnya keluarga.

Saung-saung bambu terlihat berjejer ada 3 buah saung, dan bisa disewa jika ingin bermalam di sini. Taman yang asri ditanami rumput membuat asri dan indahnya suasana, akan menambah suasana kebersamaan bersama keluarga sambil menikmati menu makanan yang dibawa dari rumah. Dan kolam renang, menjadi bagian bermain suka ria untuk anak-anak. Pohon-pohon herbal ada dimana-mana, serta pengelola memberikan nama jenis pohon serta fungsinya. Ini merupakan ciri kekhasan wisata taman herbal insani. Sobat juga tidak hanya bisa mengetahui saja, tapi sobat bisa membeli tanaman herbal disini.

Wahana Taman Herbal Insani

Wahana bermain anak Play ground

Playground berada di taman sebelum kolam renang, jadi sobat ga perlu takut kalau sikecil bermain sendiri. Karena kita bisa istirahat di taman rumput sambil memantau. Area disini tidak panas, karena ditumbuhi pohon yang rindang. Playground sendiri ada prosotan, kuda-kudan, ayunan, dan yang lainnya.

Taman kelinci

Untuk taman kelinci ini kurang rekomended, karena kelinci cukup sedikit. Dan anak-anak tidak bisa langsung interaksi langsung untuk masuk ke taman. Jadi anak-anak cukup memberi makan dari luar. Mungkin ini menjadi bahan evaluasi pengelolanya.

Taman bermain anak taman herbal insani

Taman bermain anak yang luas ini sangat bersih sekali, tidak ada satupun sampah yang mengotorinya. Dibalik petugas yang sigap akan kebersihan, pengunjung juga sadar akan kebersihan. Anak-anak bisa berlari-lari diarea sini, mungkin kalau siang agak panasan. Jadi taman bermain ini cocok kalau pagi dan sore hari. Taman bermain anak ini suka digunakan bagi wisatawan paket tour. Jika sobat menyewa paket gathering, menyediakan lomba bakiak, tarik tambang dan jenis permainnan lainnya.

Burung lovebird

Wahana sangkar burung lovebird ini menjdi tontonan anak. Akan indahnya warna blue bird, memperlengkap wahana taman bermain anak.

Arboretum tanaman herbal

Tanaman herbal tersebar dimana-mana, manfaat dan khasiat serta nama jenis tanaman dipasangnya. Jadi arboretum itu penamaan pada suatu pohon atau tanaman, dan ini menjadi daya tarik para pengunjung. Tanaman herbal yang susah dicari bahkan kita jarang mengetahuinya baik jenis dan manfaatnya. Tanaman herbal digunakan untuk penggunaan obat herbal, dimana obat tersebut alami dari tanaman tanpa bahan kimia. Kebetulan yang punya taman wisata ini mempunyai pabrik herbal, yaitu pabrik herbal insani. Cocok sekali sebagai wisata edukasi untuk kita dan anak-anak.

Wisata air taman herbal insani

• Kolam renang

Kolam terbagi menjadi 2, untuk dewasa dan anak-anak. Disampingnya juga ada tiang-tiang kaya semacam shower, jadi bisa bermandi air dan renang.

• Kolam ikan

Kolam ikan berada di sampingnya kolam renang dewasa, disana kita bisa melihat ikan yang berwarna warni. Namun sobat tidak diperbolehkan turun ya.

• Rakit saung

Disamping kolam renang ada rakit plus saungnya dari bambu,cocok untuk spot foto bersama pasangan. Namun airnya agak keruh. Kolamnya juga tidak tinggi ko, anak-anak juga bisa berenang.

• rakit

Acara main keluarga disini, tongkang yang lumayan besar dan panjang yang terbuat dari rakitan bambu. Cukup untuk 6 orang ini, bisa saling mengayuh satu sama lain. Kerseruan tersendiri, untuk menikmati wahana ini. Rakitan ini suka dipake acara yang menyewa paket tour wisata taman herbal insani.

Kolam ikan

Ada beberapa kolam ikan dan saat ini juga lagi ada pembangunan untuk kolam ikan. Ya untuk kolam ikan ini hannya memperlengkap suasan kedesaan. Kita hanya bisa melihat ikan dari atas, dan jaga anak-anak saat melihat dikolam ikan. Kolam ikan ini biasanya digunakan untuk menangkap ikan, jika sobat memesan paket wisata di taman herbal insani.

Taman kura-kura

Karena mungkin wahana ini lebih kekategori hiburan dan edukasi, jadi untuk wahana taman satwa kurang begitu menonjol. Taman kura-kura yang didesain sebagai pelengkap ini, hanya sebagai edukasi untuk anak-anak.

Panahan

Untuk berlajar memanah, sobat dikenakan tarif Rp. 5.000. untuk wahana ini khusus bayar lagi, karena wahana ini perlu pelatih dan edukasi.

Gazebo saung untuk spot berfoto selfie dan Spot selfie

Gazebo saung dari bambu ini ada 4 bangunan. Satu ada di area pas masuk, sedangkan untuk 3 lagi ada didepan taman bermain. Saung yang rame sekali untuk berfoto selfie, dengan memakai topi ala petani. Gaya selfie yang ikut meramaikan, hingga akhirnya harus mengantri untuk mendapakan spot foto yang bagus.

Fasilitas Wisata Taman Herbal Insani

1. Mushola

Mushola yang tersedia cukup luas dan bersih, ada 2 mushola yang tersedia yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sholat.

2. Toilet

toilet yang tersedia juga cukup banyak, bersih dan memadai..

3. Pendopo

Saung yang cukup besar, biasanya dipakai untuk sarana edukasi bagi pengunjung paket wisata. Tapi jika ada yang booking, kita boleh istirahat dan makan di pendopo.

4. Saung

Saung juga sama halnya sebagai fasilitas paket tour atau yang booking. Jika tidak ada yang booking, menjadi fasilitas kita bersama.

5. Tempat kuliner makanan ringan dan minuman

Di taman herbal insani sayangnya belum ada saung makan besar ala khasnya, jadi saat laper cuman bisa jajan makanan ringan.

6. Tempat parkir

Tempat parkir dikelola oleh masyrakat sekitar, jadi pastikan aman untuk kendaraan sobat.

7. Pusat informasi taman herbal insani

Jika ayah bunda perlu informasi baik ada kehilangan atau reservasi guide tour, mereka siap melayaninya.

Itu mungkin ya bunda, salah satu ulasan yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk liburan murah bareng keluarga.