News Detail

Mau membawa sikecil mudik, ini persiapan dan bekal yang wajib dibawa

Bunda sebentar lagi idul fitri akan tiba, dan biasanya bunda yang masih punya keluarga di kampung halaman akan melakukan aktifitas mudik. Salah satu hal yang perlu ibu persiapkan dalam mudik jika membawa sikecil adalah makanannya. Si Kecil yang sudah beranjak besar dan mulai mengonsumsi MPASI, perlu dibuatkan bekal makanan agar ia tidak kelaparan saat menempuh perjalanan yang cukup jauh. Selain itu, ibu juga perlu memikirkan menu makanan setiap hari selama liburan. Jangan pusing dulu, ada cara menyiapkan makanan untuk Si Kecil ketika bepergian.

Kebanyakan ibu pasti langsung cemas membayangkan betapa repotnya menyiapkan makanan untuk Si Kecil jika mengajaknya bepergian. Tapi sebenarnya ibu cukup menyediakan makanan ringan, seperti potongan buah, sayur, atau biskuit bayi sebagai makanan pendamping ASI untuk Si Kecil. Selanjutnya, agar ibu dapat menyiapkan MPASI dengan lancar, berikut tips-tipsnya:

1. Bawa Keperluan Mengolah Makanan

Tips yang satu ini bisa dilakukan hanya bila kondisinya memungkinkan. Untuk memudahkan ibu menyiapkan MPASI, bawalah peralatan yang diperlukan untuk mengolah makanan, seperti blender dan slow cooker.  Pastikan juga di tempat ibu menginap nantinya memiliki daya listrik yang cukup besar untuk memasang peralatan masak tersebut. Fasilitas kulkas juga diperlukan untuk menyimpan bahan-bahan makanan untuk Si Kecil. Tapi jika di tempat menginap tidak ada kulkas, ibu bisa membawa bahan-bahan makanan dalam jumlah sedikit atau beli bahan makanan langsung di tempat liburan.

2. Bekal di Perjalanan

Jika destinasi liburan yang dipilih cukup jauh sehingga perlu menempuh perjalanan yang cukup lama, ibu bisa membawa bekal makanan untuk diberikan kepada Si Kecil dalam perjalanan. Pilihan jenis makanan yang paling baik sebagai bekal di jalan adalah makanan bayi siap saji. Selain itu, ibu bisa juga membawa makanan bayi instan yang perlu diseduh terlebih dahulu dan buah-buahan. Sedangkan peralatan yang perlu ibu bawa adalah mangkuk, sendok, botol minum, dan termos air panas.  

3. Susun Menu Makanan Sebelum Pergi

Agar ibu bisa tahu bahan makanan apa saja yang perlu disiapkan dan peralatan-peralatan yang perlu dibawa, susun lah menu makanan untuk Si Kecil beberapa hari sebelum bepergian. Ibu sebaiknya memilih menu makanan yang praktis, tapi tetap bergizi, seperti kentang rebus, nasi tim, oat instan, atau buah alpukat. Jika anak sudah bisa memegang makanannya sendiri, ibu bisa memberi finger food, seperti kentang yang dipotong kotak-kotak, stik wortel, atau biskuit bayi.

4. Simpan Makanan Dalam Wadah yang Tertutup Rapat

Setelah bahan-bahan makanan yang ibu olah sudah matang dan siap diberikan kepada Si Kecil, simpanlah makanan tersebut dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak terkontaminasi selama penyimpanan. Jika jarak perjalanan cukup lama, ibu bisa menyimpan bekal MPASI dalam cooler bag yang sudah diisi oleh kantung es yang cukup banyak agar tidak basi.

5. Hangatkan Makanan Ketika Akan Diberikan

Saat ingin memberikan makanan kepada Si Kecil, hangatkan wadah tempat menyimpan makanan dengan merendamnya dalam mangkuk yang sudah diisi air hangat. Jika naik pesawat, ibu minta tolong kepada pramugari untuk menghangatkannya dalam microwave. Untuk pure atau potongan buah, sebaiknya diberikan dalam kondisi dingin. Usahakan untuk memberikan MPASI kepada anak tepat waktu, sesuai dengan jadwal makannya.

Perjalanan yang memakan waktu lebih dari 8 jam, bisa saja membuat si kecil kurang nyaman. Agar anak-anak tetap senang, sediakan mainan kesukaannya dan juga bekal makanan. 

Pastikan makanan yang disiapkan adalah makanan sehat dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Sebelum berangkat, pastikan anak harus makan dengan cukup. 


1. Bubur instan

Jika si kecil sedang mengonsumsi MPASI, bahan makanan yang satu ini perlu Anda persiapkan. Bubur bayi dalam kemasan yang bisa langsung diseduh dengan air hangat sangat membantu ketika Anda sedang mudik. Anda bisa membuat bubur instan dengan rasa gurih atau pun manis agar si kecil tak bosan. Tentunya, pilih bubur instan yang sesuai dengan usia anak ya.

Jangan lupa untuk selalu membawa mangkuk plastik yang aman dan bersih untuk wadah makan si kecil.


2. Buah segar

Untuk balita atau anak usia sekolah tentu buah wajib dibawa saat melakukan perjalanan jauh. Buah yang bisa jadi bekal mudik adalah jenis buah yang tahan lama dan tak repot untuk menikmatinya. Misalnya saja buah pisang, jeruk dan apel. Pastikan dalam sehari, si kecil mengonsumsinya minimal 2-3 porsi.

Ibu juga bisa menyiapkan pisau kecil untuk memotong buah saat berada di jalan. Buah-buahan segar ini bisa memberikan energi dan juga vitamin serta mineral yang bisa membantu tingkatkan sistem imun si kecil selama di perjalanan.


3. Biskuit

Daripada membekali si kecil dengan jajanan asin seperti keripik, sebaiknya pilih saja biskuit. Biskuit mengandung susu dan juga beberapa jenisnya ada yang dilengkapi dengan gandum. Biskuit juga memiliki tekstur yang renyah akan tetapi lembut ketika masuk ke mulut. Biskuit juga bisa jadi camilan enak selama perjalanan sambil menikmati susu kesukaannya.


4. Air panas

Air putih menjadi hal yang sangat penting. Air putih bisa disimpan dalam botol dan diberikan pada si kecil agar tidak alami dehidrasi selama di perjalanan. Tak hanya air putih biasa, air hangat dalam termos juga wajib di bawa. Ini bisa digunakan untuk menyeduh susu. Jika membawa si kecil, pastikan Anda membawa lebih dari 1 agar tak kehabisan. 


5. Susu

Ketika mengajak si kecil mudik, pastikan staminanya dalam keadaan baik ya. Selama perjalanan, Anda bisa memberikan susu pada si kecil. Untuk si kecil yang usia di bawah lima tahun tentu perlu membawa susu dan termos berisi air panas serta botol susu. Akan tetapi, jika usia si kecil sudah masuk di atas 6 tahun, sebaiknya bekali dengan susu kotak kemasan saja agar lebih praktis.

Akan tetapi dalam pemilihan susu kemasan, Anda perlu lebih memperhatikan kandungan gula pada kemasannya. Agar aman, pilihlah susu putih tanpa rasa agar kandungan gulanya lebih rendah.