News Detail

Mau mudik bareng si kecil, ini tipsnya agar mudik lancar dan menyenangkan

Ayah Bunda, waktu mudik sebentar lagi tiba, moment yang paling kita tunggu selama setahun ini. Momen dimana kita bisa berkumpul dengan keluarga besar kita, snak saudara. Namun kadang perjuangan untuk mudik itu cukup melelahkan. Seperti tahun kemarin ada yang sampai berhari-hari didalam perjalanan.  Tentu hal itu tidak ingin kita alami. Ketika belum memiliki anak, mudik mungkin adalah hal yang mudah dilakukan. Melihat kemacetan sekaligus menikmatinya bisa menjadi kegiatan ‘menyenangkan’ Anda bersama pasangan. Namun, setelah memiliki anak, mudik biasanya cenderung merepotkan dan dua kali lebih melelahkan. Apalagi kalau anak masih bayi yang memerlukan lebih banyak perhatian dan mudah rewel. Tidak hanya membuat Anda stres, jika tidak dipersiapkan dengan baik, anak juga bisa ikut merasa stres.

Apa sajakah hal-hal yang perlu di perhatikan dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat bepergian bersama bayi :

  • Persiapkan perlengkapan jauh-jauh hari

Persiapkan barang-barang bawaan jauh-jauh hari, jangan menunda kalau perlu bikin ceklist perlengkapan jika diperlukan. Terkadang jika kita tidak mempersiapkan dari awal akan ada hal-hal yang terlewar tidak terbawa, padahal barang itu cukup penting. Pilih pakaian si kecil yang perlu dibawa dan segala macam kebutuhannya. Mungkin pula Anda perlu membeli beberapa pakaian yang lebih besar supaya sang anak bisa merasa nyaman dan tidak terlalu sempit atau kegerahan selama mudik.

 

  • Pakaian, kaus kaki, dan sepatu.

Ini perlengkapan penting yang harus dibawa saat bepergian bersama bayi. Untuk memudahkan menghitung, per harinya menggunakan 2—3 pakaian adalah pedoman yang baik. Siapkan pula satu setel pakaian Mama Papa untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu selama perjalanan. Selain juga satu setel pakaian bayi dan selimut yang dapat dimanfaatkan sebagai alas saat bayi sudah bosan dan ingin berbaring, merangkak atau meregangkan kaki kecilnya.

 

  • Membawa Popok

Bawalah cukup popok untuk bertahan sampai mencapai tujuan dan dapat membeli lebih banyak. Untuk memudahkan menghitung, bagi bayi usia 8 bulan ke bawah, persiapkan 1 popok untuk setiap jam. Tambahkan, bila harus menunggu saat transit atau ada penerbangan yang tertunda. Bawalah juga alas untuk mengganti popok, cukup satu buah, pilih dari bahan yang mudah dibersihkan. Untuk praktisnya dapat membeli alas sekali pakai yang terdapat di toko bayi atau supermarket. Ini perlengkapan yang harus dibawa saat bepergian bersama bayi.

 

  • Membawa stroler jika membawa mobil pribadi

Bawalah kereta dorong bayi yang ringan dan praktis, sering disebut stroller payung. Bila menggunakan pesawat, tanyakan kebijakan dari maskapai pernerbangan yang akan diikuti. Atau, carilah kemungkan untuk sewa di kota yang akan dituju.

Baca juga : Bunda boleh mengatakan tidak pada situasi berikut ini

  • Membawa cemilan favorit si kecil

Cara paling mudah untuk menenangkan anak mungkin dengan memberinya camilan kesukaan. Bawa sebagian camilan bayi yang bervariasi dan sebagian camilan yang bisa dimakan oleh Anda dan pasangan. Pilih juga camilan yang tidak membutuhkan persiapan tertentu dan mudah dimakan. Kalau khawatir berat badan melonjak atau risiko sakit meningkat setelah mudik, Anda bisa pilih camilan sehat yang tersedia di toko online. Saat ini sudah banyak toko yang menyediakan camilan sehat dan vegan yang bisa jadi alternatif camilan mudik Anda.

 

  • Jangan lupa bawa gendongan.

Siapkan gendongan yang nyaman dan praktis, bisa yang berbentuk gendongan depan atau belakang. Adanya gendongan akan memudahkan Mama dalam membawa barang-barang lainnya.

 

  • Membawa selimut

Siapkan beberapa selimut karena memiliki banyak manfaat. Bisa sebagai alas, untuk menutupi bayi atau Mama saat menyusui, serta melindungi pakaian Mama saat bayi bersendawa.

 

  • Tas & kantong plastik

Siapkan tas yang dapat menampung semua keperluan selama perjalanan. Jika perjalannya menggunakan kereta, pesawat, atau kapal laut, pilih tas atau koper yang dilengkapi roda. Tas ransel pun nyaman dipakai. Tak ketinggalan, siapkan beberapa kantong plastik dalam berbagai ukuran untuk menyimpan popok kotor, pakaian, dan selimut kotor.

 

  • Lampu malam kecil.

Lampu ini bermanfaat untuk pencahayaan saat mengganti popok di tengah malam tanpa harus menyalakan lampu utama kamar yang mungkin akan mengganggu tidur anggota keluarga lain.

 

  • Membawa barang favorit

Entah itu guling, bantal, hingga mainan favorit, pastikan benda kesayangan si kecil tidak ketinggalan ketika mudik. Biasanya trik ini bisa membuat anak mudah terlelap saat di perjalanan atau bisa mengalihkan perhatian mereka dalam jangka waktu tertentu. Selain barang kesayangan, bawa iPad atau gadget lain juga bisa jadi opsi. Isi gadget dengan beragam video, permainan, buku, atau aplikasi lain yang mendidik untuk berjaga-jaga.

 

  • Menikmati momen

Momen mudik yang ramai memang hanya setahun sekali. Ini bisa jadi pengalaman pertama si kecil untuk merasakan hal-hal yang berkaitan dengan mudik. Mereka bahkan bisa jadi penasaran dan bertanya-tanya tentang hal-hal yang ditemuinya selama perjalanan. Manfaatkan momen ini untuk membuat memori indah dan menyenangkan bersama anak.

Seluruh karyawan dan manajement Bubur Onic mengucapkan selamat mudik ya. Semoga perjalanan mudiknya lancar dan menyenangkan. Bahagia bisa bertemu dengan orang-orang yang kita cintai..