News Detail

Mau mudik nyaman bareng bayi, ini tips yang musti diketahui

Bagi keluarga kecil atau memang para orangtua yang masih memiliki bayi dan balita, tentu kegiatan mudik bersama keluarga menjadi momen yang tidak terlupakan. Selain memberi pengalaman tersendiri untuk Anda dan anak, mudik dengan membawa Si Kecil akan terasa lebih menyenangkan dan seru. Namun, jangan sampai kondisi jalanan serta persiapan yang tidak matang membuat perjalanan mudik bareng Si Kecil jadi berantakan dan merepotkan. Makanya, sebelum memutuskan mantap melaju kendaraan pribadi Anda dengan membawa serta Si Kecil, cek terlebih dulu 15 poin penting persiapan mudik bareng Si Kecil saat Lebaran nanti.

Ketika belum memiliki anak, mudik mungkin adalah hal yang mudah dilakukan. Melihat kemacetan sekaligus menikmatinya bisa menjadi kegiatan ‘menyenangkan’ Anda bersama pasangan. Namun, setelah memiliki anak, mudik biasanya cenderung merepotkan dan dua kali lebih melelahkan. Apalagi kalau anak masih bayi yang memerlukan lebih banyak perhatian dan mudah rewel. Tidak hanya membuat Anda stres, jika tidak dipersiapkan dengan baik, anak juga bisa ikut merasa stres. Berikut delapan hal yang perlu diperhatikan ketika membawa si kecil saat mudik.

1. Jangan Tunda Packing
Persiapkan barang-barang bawaan jauh-jauh hari semampu Anda. Terkadang hidup bisa penuh dengan kesibukan dan waktu untuk mengepak barang mungkin tidak cukup sehari saja. Pilih pakaian si kecil yang perlu dibawa dan segala macam kebutuhannya. Mungkin pula Anda perlu membeli beberapa pakaian yang lebih besar supaya sang anak bisa merasa nyaman dan tidak terlalu sempit atau kegerahan selama mudik.

2. Siapkan Camilan
Cara paling mudah untuk menenangkan anak mungkin dengan memberinya camilan kesukaan. Bawa sebagian camilan bayi yang bervariasi dan sebagian camilan yang bisa dimakan oleh Anda dan pasangan. Pilih juga camilan yang tidak membutuhkan persiapan tertentu dan mudah dimakan. Kalau khawatir berat badan melonjak atau risiko sakit meningkat setelah mudik, Anda bisa pilih camilan sehat yang tersedia di toko online. Saat ini sudah banyak toko yang menyediakan camilan sehat dan vegan yang bisa jadi alternatif camilan mudik Anda.

3. Baju Ganti dan Popok

Muntah, banyak berkeringat, atau ketumpahan makanan bisa jadi terjadi di sepanjang perjalanan. Oleh karena itu siapkan beberapa pasang baju ganti dan popok sekali pakai di dalam tas yang mudah dijangkau. Pilih bahan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan menyerap keringat.

4. Buku dan Mainan

Buku cerita, boneka, atau kartu bisa menghilangkan kebosanan anak selama perjalanan. Jadi disarankan wajib membawa mainan yang disukai anak saat mudik bareng Si Kecil nanti.

5. Lagu atau Film Favorit

Siapkan lagu kesukaan anak, film kartun favorit atau game menarik lainnya dalam gadget. Jangan lupa bawa charger atau power bank agar gadget bisa selalu berfungsi ketika dibutuhkan.

6. Bantal Selimut

Suhu di dalam kendaraan bisa jadi terlalu dingin buat anak. Siapkan selimut yang lembut dan nyaman. Mau praktis? Bawa balmut alias bantal selimut sehingga saat tak digunakan bisa menjadi sandaran empuk.

7. Baby Carseat

Baby carseat membuat tubuh anak nyaman di perjalanan dan orangtua pun tak perlu repot memangku. Sesuaikan ukuran dengan usia anak.

8. Baby Carrier

Gunakan baby carrier yang aman untuk anak. Pilih yang modelnya praktis tetapi nyaman dipakai, misalnya yang bisa digunakan di depan dan belakang. Atau, boleh juga berupa kain panjang jika Anda merasa nyaman menggunakanya.

Saat anak mengantuk atau kelelahan berjalan-jalan di tempat tujuan, benda ini bisa menjadi solusi. Bawalah stroller yang memang cocok untuk travelingsehingga ukurannya tidak terlalu besar, cukup ringan ditenteng, dan praktis dilipat dalam tas. Sekadar tips, jangan meletakkan barang belanjaan pada pegangan stroller jenis traveling ini, karena bobotnya yang ringan membuat stroller jenis ini mudah terbalik.

9. MPASI dan Perlengkapannya

Membawa mudik Si Kecil yang masih mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI). Untuk kebutuhan dihari pertama bisa menyiapkan Bubur bayi organik ONiC yang tersedia di 30 outlet Jangan lupa membawa beberapa peralatan wajibnya, seperti botol susu, botol minum, botol warmer, termos, wadah anti tumpah, peralatan makan, panci kecil, kompor listrik, hingga bahan makanannya.

10. Tas Perlengkapan Anak

Siapkan satu tas khusus berisi perlengkapan anak, seperti tisu basah, tisu kering, topi, makanan, popok, kaus kaki, handuk kecil, kantong plastik serbaguna dan sebagainya. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau.

11. Toiletries

Sisir, sabun, sampo, sikat, pasta gigi, lotion, hingga baby cream juga wajib dibawa.

12. Payung & Jas Hujan

Selalu simpan jas hujan dan payung di dalam mobil.

13. Obat-Obatan

Aneka kendala di jalan membuat anak bisa sakit. Bawalah obat-obatan penting, seperti penurun panas, obat luka, minyak gosok/balsam, losion nyamuk, plester, vitamin, hingga termometer.

14. Cooler- box

Benda ini berguna untuk menyimpan minuman ringan, bahan makanan, hingga susu. Pilih coolerbox yang memang bisa digunakan dalam mobil. Atur penyimpanan bahan makanan/minuman agar kesegarannya tetap terjaga.

15. Perlengkapan Piknik

Siapa tahu di perjalanan Anda menemukan taman atau tempat wisata yang asyik untuk piknik sekeluarga. Hitung-hitung menghilangkan pegal setelah duduk di mobil sekian lama, menepilah dan lakukan piknik seru bersama keluarga.

16. Bawa Stroller
Anda mungkin memang tidak tahu kapan butuh stroller untuk mudik. Namun, memang lebih baik membawa satu stroller yang nyaman agar si kecil tidak rewel dan bisa dibawa ke mana saja. Anak bisa saja merasa bosan saat berada di mobil ketika berhenti di pusat peristirahatan. Itu bisa menjadi waktu yang tepat untuk membawa anak jalan-jalan tanpa membuat Anda kelelahan. Pilih stroller yang praktis dan tidak terlalu berat sehingga mudah untuk dibawa ke manapun.

17. Atur Jadwal Tidur
Selama perjalanan mudik, mungkin jadwal tidur Anda dan pasangan akan berantakan. Begitu pun dengan si kecil. Mudah apabila ia terganggu dengan suasana jalan yang penuh dengan kendaraan lalu lalang. Lagipula, bisa saja ia belum terbiasa dengan waktu perjalanan mudik yang cenderung cukup panjang. Sebaiknya, Anda tetap memberi jadwal tidur seperti biasa untuk anak. Selain membuat anak tidak mudah kelelahan, ini bisa menghindari Anda dan pasangan merasa pusing jika anak rewel.

18. Selipkan Barang Favorit
Entah itu guling, bantal, hingga mainan favorit, pastikan benda kesayangan si kecil tidak ketinggalan ketika mudik. Biasanya trik ini bisa membuat anak mudah terlelap saat di perjalanan atau bisa mengalihkan perhatian mereka dalam jangka waktu tertentu. Selain barang kesayangan, bawa iPad atau gadget lain juga bisa jadi opsi. Isi gadget dengan beragam video, permainan, buku, atau aplikasi lain yang mendidik untuk berjaga-jaga.

19. Hindari Jadwal Penuh
Jadwal kunjungan setelah sampai ke tempat tujuan biasanya memang mampu memenuhi dua hari Lebaran di kalender. Daripada menggunakan waktu seharian penuh untuk berkunjung, Anda bisa membagi-bagi hari untuk berkunjung ke kerabat dan tetangga. Luangkan satu hari untuk bersantai. Anda juga bisa melakukan kunjungan dan waktu santai secara selang-seling. Ini tidak hanya menghindari Anda dan pasangan stres, tetapi membuat si kecil merasa santai dan bebas bad mood.

20. Persiapkan Segala Hal
Ketika mudik dengan si kecil, mempersiapkan cadangan itu cukup perlu, seperti pakaian, popok, tisu basah, makanan, susu, dan lain-lain. Lalu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang diperlukan, dari obat nyeri, salep, hingga inhaler. Persiapkan apapun yang sekiranya dibutuhkan si kecil dan Anda dengan pasangan. Lebih baik punya persiapan daripada penyesalan di akhir.

21. Nikmati Momen
Momen mudik yang ramai memang hanya setahun sekali. Ini bisa jadi pengalaman pertama si kecil untuk merasakan hal-hal yang berkaitan dengan mudik. Mereka bahkan bisa jadi penasaran dan bertanya-tanya tentang hal-hal yang ditemuinya selama perjalanan. Manfaatkan momen ini untuk membuat memori indah dan menyenangkan bersama anak. 

Baca juga yang ini :