News Detail

Mau nabung 100 juta dalam setahun tanpa perlu usaha tambahan, ikuti cara ibu ini

Saat sudah berkeluarga dan punya anak sering muncul halangan untuk menabung ekstra. Namun dengan strategi tepat dan tekad yang bulat, bukan tak mungkin Anda bisa menyisihkan hingga ratusan juta dalam 12 bulan. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang ibu dua anak berikut yang bisa menabung hingga Rp 300 jutaan dengan menerapkan hal-hal kecil untuk berhemat.

Adalah Olivia White yang belakangan menjadi inspirasi bagi sesama wanita dan ibu rumah tangga. Beberapa waktu lalu, influencer itu pun membagi caranya dan suami berhasil menabung hingga AUS $30,000 atau Rp 317 jutaan. Bukan dengan melakukan pekerjaan sambilan, ia mengaku hanya mengganti kebiasaan gaya hidup dengan cara-cara simpel yang lebih hemat.

Baca Juga: Agar gaji tak cepat habis, ini yang dilakukan para ibu

“Kami memulai perjalanan kami dengan tanpa hutang selain cicilan rumah. Kami tidak punya kartu kredit, cicilan, atau hutang besar seperti mobil atau department store. Kami juga tidak tinggal di kota besar, kami tinggal di daerah. Dan walaupun tinggal jauh ada kekurangannya tapi itu membuat hipotek kami lebih sedikit. Jadi ketahuilah, kalau aku mengerti kondisi setiap orang berbeda!,” ungkapnya

Mengetahui makanan adalah hal yang membebaninya, Olivia kemudian mencari strategi agar bisa lebih hemat. Karenanya, tips menghemat kedua dari Olivia adalah belanja dan menyiapkan menu makanan setiap minggu. Jadi, ia akan memikirkan menu untuk satu minggu ke depan lalu membeli bahan makanan sesuai dengan apa yang ada di daftar. Dengan begini, Anda tidak akan sembarang membeli makanan di luar budget atau terlalu sering beli di restoran.Olivia pun mengungkap lima kunci sukses menabung berdasarkan pengalamannya. Pertama adalah untuk mengetahui secara detail pemasukan dan pengeluaran selama tiga bulan terakhir. Kemudian cari pengeluaran yang sebenarnya tidak penting dan bisa diminimalisir bahkan ditiadakan. Untuk Olivia, pengeluaran itu seperti keanggotaan gym, belanja sedikit-sedikit di supermarket, hingga makan siang di luar.

Ketiga adalah membayar sejumlah pengeluaran wajib secara mingguan. Olivia memilih untuk membeli bensin hingga listrik setiap minggu. Itu dilakukan untuk mencegah total pengeluaran yang terlalu banyak dan mengejutkan di akhir bulan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jika pemakaian sudah berlebihan sehingga lebih berhemat di minggu selanjutnya.

Sumber : wolipop