News Detail

Melatih berjalan bayi tanpa alas kaki, ini manfaat yang di dapat

Ayah, Bunda..si kecil sudah mulai pandai berjalan rasanya gemes melihat ia dengan susah payah belajar berjalan. Apalagijika kita lihat banyak model sepatu bayi yang lucu-lucu, ga tahan kita untuk membelinya dan memakaikannya pada sikecil. Tapi bunda, ada hal yang harus diperhatikann mengenai pemakaian sepatu pada bayi. Kevin Geary, pengasuh laman tentang pola asuh   anak revolutionaryparenting mengatakan memakaikan sepatu pada anak justru akan merusak kaki mereka. Sepatu dapat menghalangi perkembangan jari kaki anak, membatasi fungsi kaki seutuhnya, dan menghambat perkembangan kemampuan gerak kaki anak. Selain itu, sepatu dengan bentuk dan material yang buruk juga menyebabkan kaki anak sakit.

“Bayi cenderung berjalan dengan kepala tegak ketika bertelanjang kaki,” kata Byrne. “Ketika memakai sepatu, bayi akan sering menunduk sehingga mengganggu keseimbangan dan menyebabkan mereka terjatuh.”

Selain itu, dengan berjalan dengan telanjang kaki, bagian otot dan ligamen kaki akan berkembang sehingga meningkatkan kekuatan telapak kaki. Pembentukan postur tubuh lebih  baik dan menumbuhkan kemampuan otak untuk mengetahui letak tubuh tanpa melihatnya. Dengan bertelanjang kaki, bayi  belajar cara berjalan secara alami dan postur tubuh menjadi lebih baik.

Salah satu manfaat terbesar dari bertelanjang kaki adalah menciptakan hubungan langsung antara bayi dengan lingkungan. Geary menjelaskan, di telapak kaki terdapat lebih dari 200 ribu saraf yang sensitif. Membiasakan bayi bertelanjang kaki akan merangsang kemampuan indera peraba untuk merasakan berbagai macam tekstur permukaan yang disentuh kaki mereka.

Lebih jauh lagi,  membiasakan anak bertelanjang kaki akan membuat mereka terbiasa mengontrol gerakan kaki. Mereka merasakan tekstur pijakan dan otomatis mengontrol gerakan kaki.

“Anak tidak akan berlari dengan kecepatan penuh ketika bertelanjang kaki di pijakan kasar karena tidak nyaman. Karena itu, mereka tidak akan mudah terjatuh karena berkonsentrasi pada kakinya saat berlari (yang umumnya tidak dilakukan ketika mereka pakai sepatu),” urai Geary.

1. Melatih Kekuatan Kaki

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu memperkuat telapak dan kaki bagian bawah, Bu. Dengan begitu, otot kaki si Kecil dapat lebih fleksibel dan tidak mudah cedera ketika beraktivitas.

2. Melatih Gerak dan Keseimbangan

Seorang dokter spesialis anak dari International Chiropratic Pediatric Association (ICPA), Dr. Kacie Flegal mengatakan, cara sederhana melatih keseimbangan tubuh si Kecil adalah dengan membiarkannya berjalan tanpa alas kaki. Ada sekitar 200.000 saraf di satu kaki. Berjalan kaki tanpa alas dapat meningkatkan sensitivitas  saraf tersebut. Dengan begitu, si Kecil dapat lebih hati-hati dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi dataran yang diinjaknya. Ini tentu akan membebaskan aktivitas anak.

Baca juga : Ini cara menjemur bayi yang belum banyak ibu tahu

3. Lebih Fokus pada Kondisi Sekitarnya

Dengan meningkatnya sensitivitas si Kecil, ia dapat lebih waspada dengan kondisi sekitarnya. Ketika sedang berjalan, pelan-pelan fokus dan refleknya pun terlatih untuk melewati berbagai kondisi di area bermainnya, Bu.

4. Melatih Indra si Kecil

Semakin bertambah usianya, si Kecil akan semakin bersemangat untuk mengeksplorasi hal-hal baru di lingkungannya. Berjalan tanpa alas kaki akan bermanfaat untuk memperkenalkan si Kecil pada lingkungan serta mengoptimalkan perkembangan panca indranya. Si Kecil dapat merasakan tekstur permukaan yang ia injak, seperti kasar, lembut, ataupun becek sehingga dapat melatih indra perabanya.

5. Menyehatkan saraf kaki

Dibanding anggota tubuh lain, telapak kaki adalah bagian yang memiliki titik saraf terbanyak. Berjalan tanpa menggunakan alas kaki membuat titik-titik saraf penting pada kaki si Kecil mendapat tekanan-tekanan lembut yang menyerupai pijatan, lho. Jadi, bertelanjang kaki juga turut berdampak positif bagi kesehatan anak.

6. Merangsang tumbuh kembang postur tubuh sikecil jadi lebih baik

Bila Mum ingin si Kecil tumbuh dengan postur tubuh yang baik, membiarkannya lebih sering berjalan tanpa alas kaki adalah salah satu cara yang bisa dicoba. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, berjalan tanpa alas kaki membantu memperkuat otot dan ligamen kakinya. Hal ini memengaruhi cara berdiri dan berjalannya. Si Kecil akan terbiasa berdiri dan berjalan dengan benar, sehingga postur tubuhnya pun terbentuk dengan baik.

Wah, ternyata berjalan tanpa alas kaki sangat bermanfaat untuk perkembangan motorik anak, ya Bun. Namun, perlu diingat juga Bu, bahwa sebaiknya kegiatan ini dilakukan di lingkungan yang aman bagi kaki mungil si Kecil. Ibu bisa memeriksanya terlebih dahulu bahwa tidak ada benda yang dapat melukai kaki si Kecil di area bermainnya. Tetap perhatikan dan awasi si Kecil saat beraktivitas ya, Bu, agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang pintar dan kuat.