News Detail

Mengapa harus memakai paper cup untuk kemasan

Paper cup atau gelas kertas adalah kemasan minuman dengan bentuk gelas dengan bahan kertas food grade berlaminasi. Paper cup mulai banyak digemari para pebisnis kuliner yang khususnya menjual produk minuman karena kepraktisannya dan mempermudah penyiapan untuk pengemasan penjualan produk minuman take away atau siap saji. Karena berbahan kertas yang ramah lingkungan, produk ini mulai digembar gemborkan para pecinta lingkungan yang sangat paham akan bahaya global warning untuk lebih memilih penggunaan produk ini dibanding plastik cup.

Pertamakali kertas ditemukan pada abad ke 2 SM (sebelum masehi). Sementara gelas ditemukan pada masa imperial cina yang telah tercatat sebagai kerajinan. Dimana gelas dikenal dengan sebutan “chih pei” yang digunakan srbagai tempat penyajian teh. Kala itu juga paper cup juga sudah dikenal. Terdapat berbagai ukuran, warna dan desain paper cup yang ciamik.

Kemudian paper cup (plastik cup) mulai dikembangkan lagi pada abad 20. Di awal abad ke 20 ini, seperti di negara negara maju, telah dilakukan sebuah tindakan umum dimana mereka saling berbagi gelas untuk minum yang berasal dari sumber air kran kran di sekolah maupun di barel stasiun. Sehingga timbul kekhawatiran terkait kebersihan gelas yang digunakan tersebut. Terkait akan tindakan inilah penggunaan gelas bersama mulai dilarang.

Lalu apa yang membuat paper cup menjadi kemasan yang paling banyak dipilih?. Ini dia beberapa alasannya!

  1. Ramah lingkungan

Kemasan yang terbuat dari bahan kertas saat sudah dibuang akan mudah terurai secara alami. Dibandingkan dengan plastik, kertas lebih aman karena berasal dari bahan alami yaitu, pohon. Oleh karena itu paper cup lebih ramah lingkungan.

2.Aman didalam microwave

Kertas nggak mudah menghantarkan panas, sehingga paper cup aman untuk minuman dingin maupun panas. Selain itu, tambah praktis lagi karena bisa di simpan di dalam microwave, buat yang ingin menyeduh minuman hangat lagi.

3. Daur Ulang

Gelas Kertas termasuk gelas yang bersih karena materialnya terbuat dari bahan alami yaitu dari pohon sehingga sangat mudah terurai.

4. Aman dan Ringan

Dibandingkan dengan gelas plastik atau gelas sterofoam, paper cup atau gelas kertas lebih aman, karena dari bahan alami, dan mudah terurai serta aman untuk digunakan untuk minuman bersuhu panas maupun dingin. Gelas kertas juga ringan dan praktis dibawa kemana mana.