News Detail

Ingin membuat MPASI dari bahan Ubi jalar, musti baca ini ya bunda.

Purple sweet potato

Untuk bahan mengolah makanan pendamping ASI (MPASI), selain serealia, atau bubur bayi sehat, ibu juga bisa menggunakan umbi-umbian. Misalnya saja ubi jalar ungu yang kaya akan antioksidan berupa betakaroten dan antosianin, serta serat.

Menurut Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS, ubi jalar bisa dikonsumsi sebagai MPASI saat anak sudah berusia 6 bulan. Lalu, bagaimana cara mengolah yang dianjurkan?

Ubi ungu menjadi salah satu alternatif yang tepat sebagai bahan MPASI.

Menurut Dokter Spesialis Anak, Julistio Djais, ubi ungu memiliki sejumlah kandungan seperti serat, Antosianin, betakaroten, hingga vitamin A, C, dan D.

“Zat Antosianin bertugas menjaga sistem pencernaan bayi yang belum sempurna, serta memberi makan bakteri baik,”

Ubi ungu dapat diolah sendiri di rumah, namun tetap harus diperhatikan sumber mikro nutrisinya. Mikro nutrisi adalah vitamin, protein dan mineral.

Ubi ungu ditumbuk, campurannya yang paling tepat ya susu. Sebagau sumber protein. Bisa susu bubuk, kalau masih ASI bisa juga dengan ASI peras.

Soal penambahan gula pada MPASI, Ali menegaskan sebaiknya bayi dan anak-anak dibiasakan untuk diberi makanan non gula.

Ada persoalan obesitas yang mulai kompleks, makanya lebih baik bayi itu dikenalkan rasa yang netral tak terlalu manis, tak terlalu asin,

Hal tersebut juga dapat meminimalisir ketergantungan gula pada anak.

Kalau di rumah, dikukus saja kemudian dihaluskan. Jadi dibentuk puree seperti kentang. Jadi pemberiannya seperti ngasih pisang aja ke anak. Dalam pemberian MPASI, perlu penganekaragaman. Misalnya hari ini dikasih ubi jalar, besok bubur bayi yang sehat dan bergizi.

Bahkan, jika ibu ingin mencapur ubi jalar dengan sumber protein lain seperti hati ayam, kaldu ceker, wortel, menurut Prof Ali pun boleh-boleh saja. Bagaimana dengan rasanya?

Anak itu sebetulnya menginginkan rasa yang agak netral, manis nggak asin nggak juga nggak. Jadi bisa ditambah beberapa makanan yang jadi sumber protein seperti hati ayam, daging giling, nggak apa-apa. Memang beberap pencetus alergi seperti telur harus hati-hati dalam pemberiannya.

Terkait pemberian ubi jalar sebagai bahan MPASI anak, menurut ahli belum ditemukan adanya efek seperti alergi. Sebab, umumnya pencetus alergi berupa protein dan pada ubi jalar, kandungan proteinnya tidak terlalu tinggi. Hanya saja, bisa saja terjadi efek kembung atau flatulen (sering kentut).

Kembung atau kentut bisa terjadi karena memang pati pada ubi jalar bersifat sulit dicerna. Namun, dengan proses pemanasan alias ubi dimasak dengan dikukus, itu sudah bisa meminimalkan terjadinya flatulensi hingga anak tidak mengalami kembung.