News Detail

Mudik Asyik Walaupun Macet

Mudik dan macet memang tak bisa dipisahkan, ga berasa mudik jika tidak merasakan macet. Tapi ayah bunda tidak ingin macet ini bikin kita stressdan tidak menikmati perjalanan mudik ini, apalagi sekarang direpotkan dengan ada bayi yang ikut mudik.kalau kita stress, maka anak-anakpun meraskan hal yang sama, tentu kita ga mau kan ya.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat teman lakukan saat terjebak macet parah sekaligus bisa mengurangi rasa kesal akibat macet :

  1.  Membaca dan menghapal Al-Quran

Di bulann ramadhan ini apalagi di 10 hari terahir ramadhann, kita juga tak mau kehilanngan keutamaan beribadah di 10 hari terahir itu. Bawalah Al-quran saku di dalam tas, ataupun install aplikasi Al-Quran di ponsel. Dalam kondisi macet, teman bisa mengisinya dengan membaca Al Quran atau menghapal satu dua ayat dalam Al-Quran. Ini akan menjadi aktivitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu dan insya Allah berpahala.

  1.  Berzikir

Daripada mengomel dan menggerutu saat melihat deret panjang kendaraan yang terjebak macet, lebih baik kita gunakan waktu untuk berzikir, bukan? Mengingat Allah di dalam perjalanan akan membuat hati menjadi tenang dan insya Allah rasa kesal kita karena macet juga akan berkurang.

  1.  Bermain gadget

Saat terjebak macet, kita bisa memanfaatkan gadget semaksimal mungkin. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan bersama gadget. Bagi yang hobi menulis, bisa menggunakannya untuk menulis di gadget. Bagi para quter (quiz hunter), daripada bete, silakan manfaatkan waktu kemacetan untuk mencari dan mengikuti quiz-quiz menarik di media sosial. Bagi yang hobi belanja, bisa cuci mata atau window shopping di toko-toko online. Buat yang suka main game, boleh-boleh aja main game asal enggak kecanduan. Terlepas dari tujuan kita untuk mengisi waktu karena macet, tentu saja kegiatan yang paling baik bersama gadget adalah kegiatan yang bermanfaat.

  1.  Menyelesaikan pekerjaan

Bagi teman yang bekerja, saat terjebak macet bisa digunakan untuk mencicil atau menyelesaikan pekerjaan yang belum tuntas. Bagi teman yang penulis, silakan gunakan waktu ini untuk menuliskan ide yang melintas untuk dilanjutkan dengan tulisan utuh saat waktunya sudah lapang. Bagi yang bekerja di bidang jasa, coba cek surelnya, siapa tahu ada pesanan dari klien atau job order yang belum sempat terbaca. Dan bagi kalian yang bekerja sebagai desainer, ayo gunakan waktu ini untuk membuat rancangan desain. Siapa tahu saja, waktu yang sempit justru bisa memancing kreativitas.

Mau mudik bareng si kecil berikut ini tips mudik asyiknya

  1.  Ngobrol

Ayo ingat-ingat siapa di antara keluarga, kerabat, saudara dan sahabat yang sudah lama tidak kita sapa dan ajak ngobrol. Daripada bete, kita bisa menggunakan waktu dan sarana komunikasi yang ada untuk mengobrol. Siapa tahu saja, obrolan singkat dan sederhana bisa membangkitkan kembali kehangatan yang selama ini beku oleh jarak dan waktu.

  1.  Bermain dengan anak

Bagi teman yang mudik bersama anak, khususnya anak yang masih kecil (bayi, balita dan batita), saat macet adalah saat-saat “krusial” untuk menjaga situasi agar anak-anak tetap betah, enggak rewel karena bosan apalagi sampai membuat keributan. Jadi, pastikan persiapan dan perlengkapan anak termasuk mainan dibawa saat mudik. Saat kemacetan terjadi, gunakan waktu ini untuk bermain bersama anak. Entah membuat games yang seru, bernyanyi-nyanyi bersama, bermain origami, dan sebagainya. Ini juga bisa menambah kehangatan dan keakraban antara anak dan orang tua yang dalam rutinitas sehari-hari mungkin saja banyak terenggut oleh kesibukan.

Demikianlah di antara aktivitas yang dapat teman lakukan saat terjebak macet kala mudik. Tetapi, jika teman adalah yang mengemudikan kendaraan, sebaiknya keenam hal di atas hanya dilakukan saat macetnya benar-benar parah ya, karena tetap harus fokus pada jalan raya dan mengemudi dengan selamat sampai tujuan.

Selamat mudik 🙂

Sumber : Ummi online