News Detail

Pengetahuan tentang MPASI yang wajib ibu tahu

Makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan makanan yang dibutuhkan bayi dengan usia di atas 6 bulan. Ini karena kebutuhan nutrisi bayi semakin meningkat seiring bertambahnya usia dan tidak dapat dipenuhi dari ASI saja.

Bertambahnya nafsu makan bayi di atas usia 7 bulan bisa jadi membuat Bunda kelimpungan. Membuat MPASI dalam porsi lebih banyak tidak apa-apa, Bun. Namun, tetap pastikan Bunda tidak membuat terlalu banyak sehingga tidak perlu disimpan dalam waktu lama.

Beberapa bahan makanan mungkin akan kehilangan nutrisinya jika terlalu lama disimpan. Supaya nutrisinya tetap terjaga, berikut beberapa hal cara menyimpan mpasi yang perlu Bunda perhatikan saat menyiapkan MPASI untuk bayi.

  • Enam Jam dalam Suhu Ruang

Kalau Bunda hendak menyiapkan MPASI untuk bepergian dengan bayi Bunda, otomatis makanan tersebut akan sering terkena suhu ruang. Perlu Bunda perhatikan, kandungan gizi makanan segar akan menyusut bahkan hilang jika sudah melebihi 6 jam.

  • Awetkan dengan Suhu -18 Derajat Celcius

MPASI juga bisa disiapkan untuk beberapa porsi sekaligus. Dengan cara ini, Bunda tak perlu memasak setiap kali buah hati ingin makan. Pastikan Bunda menyimpan MPASI yang sudah matang dalam freezer. MPASI bayi sebaiknya diawetkan pada suhu minimal minus 18 derajat Celcius. Nutrisi dalam MPASI akan lebih terjaga dalam keadaan beku. Bunda pun dapat dengan mudah menghangatkannya setiap kali buah hati ingin makan.

  • Simpan Buah Selalu

Sebagai camilan buah hati, Bunda bisa selalu menyediakan buah segar. Buah mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Buah juga termasuk MPASI paling awet jika disimpan dalam kulkas. Bunda tidak perlu khawatir menyediakan buah segar dalam jumlah banyak.

  • Satu Makanan Satu Wadah

Jika Bunda menyiapkan beberapa menu MPASI siap makan, sebaiknya disimpan wadah terpisah. Selain menghindari MPASI terkontaminasi, menyimpan berbagai menu dalam wadah terpisah juga menjaga cita rasanya. Bunda bisa mulai menyiapkan banyak wadah kecil dengan tutup kedap udara untuk menyimpan MPASI. Pastikan tiap wadah hanya menyimpan satu jenis menu MPASI.

  • Cicipi Terlebih Dahulu

Tentu Bunda ingin selalu memberikan yang terbaik untuk buah hati. Selalu cicipi MPASI bayi yang Bunda siapkan. Terutama jika Bunda memberikan MPASI yang sudah disiapkan sebelumnya dan disimpan dalam freezer. Ada kemungkinan rasa MPASI sedikit berubah sehingga Bunda mungkin perlu menyesuaikan kembali sebelum diberikan kepada buah hati. Pastikan rasa MPASI yang diberikan pas dengan selera buah hati agar ia semangat menyantapnya.

Kini Bunda tidak perlu lagi repot menyiapkan MPASI yang sehat dan bergizi untuk sikecil, BUBUR ONIC hadir menjadi solusi bagi para Bunda yang sibuk tapi tetap menginginkan MPASI yang memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang beragam. Bubur ONiC menyajikan 2 menu berbeda setiap harinya. Yang ini akan mencukupi kebutuhan Nutrisi Bayi kita. Dengan campuran beras organik dan di campur daging, ikan, sayuran dan kacang – kacangan yang beragam tiap hari. Kunjungi outlet BUBUR ONiC setiap harinya dari jam 05.30 s/d 07.30. Outlet terdekat dari rumah anda. Informasi outlet silahkan KLIK DISINI

Baca juga artikel menrik ini :

Sumber: generasimaju.co.id