News Detail

Resep camilan steak tempe untuk MPASI

Bunda, kadang si kecil mengalami masa-masa susah sekali makan, alias Gerakan Tutup Mulut.  Nah, pasti pusing kan, takut kalau anak kita kelaparan dan kurang gizi. Jangan kuatir ya bunda, karena banyak faktor yang menyebabkan si kecil susah makan, diantaranya: pencernaan terganggu, sariawan, atau bosan dengan menu yang sama.

Jika sikecil mulai susah makan, coba untuk mengatur menu dan jam makannya. Kemudian coba untuk membuat fariasi menu MPASI semenarik mungkin agar anak suka dan mau makan lagi. Jadi ngak ada salahnya kalau kita menganti menu makan siang atau sarapannya dengan variasi baru, namun tetap sehat dan bergizi.

Kali ini saya akan berbagi resep berbahan tempe . Kandungan tempe kaya akan

  • Protein Nabati
  • Vitamin B12
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Zat Besi dan banyak lagi yang lainya.

Tempe sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Selain itu tempe adalah bahan yang sangat mudah didapat karena banyak dijual di  abang tukang sayur dan juga harganya murah meriah.

Bahan makanan yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah:  mencegah kangker, menurunkan kolesterol, memelihara pencernaan,  menurunkan tekanan darah tinggi dan metabolisme energy. Sedangkan manfaat tempe untuk anak adalah: membantu mencegah perut kembung, dan melancarkan pencernaannya.

Berikut cara membuat steak tempe yang mudah dan praktis:

Bahan

  1. 1 batang tempe
  2. Danging ayam ( optional)
  3. Daun bawang iris halus
  4. Telur ayam
  5. Garam, gula dan merica ( optional)

Cara membuatnya

  1. Potong tempe, kukus hingga matang
  2. Cincang daging ayam lalu kukus
  3. campurkan tempe, daging ayam daun bawang dan telor, aduk hingga rata
  4. tambahkan garam, gula dan merica
  5. cetak adonan dengan cetakan menarik atau bulatkan dan pipihkan
  6. goreng hingga kuning keemasan
  7. dan steak tempe siap dilahap

Beragam resep dan cara yang bisa bunda coba untuk membuat steak tempe ini. Tergantung dari kreatifitas bunda masing-masing. Selain bisa untuk menu makan siangnya, steak tempe juga bisa dijadikan cemilan yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan untuk anak. Selamat mencoba ya bunda.