News Detail

Ini cara benar membuat MPASI pisang

Ripe yellow banana in baby’s hands, clipping on pink background.

Pisang adalah salah satu menu MPASI tambahan yang bisa diberikan untuk bayi. Tapi pisang tidak bisa dijadikan menu MPASI utama, karena kandungan nutrisinya tidak memenuhi semua yang dibutuhkan bayi. Walaupun kita mungkin dulu mengalami hal itu, ketika orang tua kita memberikan pisang sebagai menu utama MPASI.

Kejadian bayi yang meninggal di Jakarta beberapa waktu yang lalu bisa menjadi bahan pelajaran juga, bahwa pemberian MPASI itu di lakukan setelah bayi berumur 6 bulan. Peristiwa tragis bayi meninggal karena, umur bayi baru 10 hari dan diberikan MPASI pisang dan nasi yang diblender, akibatnya bayi mengalami pendarahan dan keluar lewat anus, mulut dan hidung akhirnya bayipun meninggal.

Bunda, disini Bubur ONiC akan berbagi bagaimana pisang dijadikan menu tambahan untuk MPASI bayi kita.Pisang mempunyai rasa manis biasanya mudah disukai bayi. Karena itu, tidak ada salahnya memperkenalkan rasa manis tersebut pada awal-awal pemberian makanan pendamping ASI (MPASI). Bunda bisa membuat puree dari buah-buahan yang memiliki rasa manis, seperti pisang dan mangga. Selain rasanya enak, kedua buah tersebut mudah Bunda dapatkan di pasar atau tukang sayur.

Pisang dan mangga kaya nutrisi yang punya segudang manfaat bagi tubuh. Pisang sangat kaya kalium dan mineral yang bisa memperkuat tulang-tulang buah hati. Kandungan gula pada pisang juga membantu menghindarkan anak dari kondisi kekurangan gula. Pisang juga diketahui kaya vitamin A, B6, B12, dan folat.

Mangga pun tidak kalah hebatnya. Buah tropis ini mengandung vitamin A tinggi sehingga cocok untuk menjaga kesehatan mata anak. Mangga juga rendah lemak sehingga Bunda tidak perlu khawatir buah hati akan mengalami risiko kelebihan berat badan. Buah mangga juga mengandung karotenoid yang bisa mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung.

Nah, sekarang makin tertarik bukan untuk membuat puree pisang mangga bagi si buah hati? Berikut resep mpasi 6 bulan yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan

1 buah pisang

1 buah mangga berukuran kecil

Cara Membuat

  1. Kupas pisang dan mangga kemudian potong-potong dadu.
  2. Haluskan dengan blender.
  3. Jika hendak diberikan kepada bayi usia 6 bulan awal, lebih baik saring kembali pisang dan mangga yang sudah dihaluskan. Ini supaya puree pisang dan mangga lebih mudah dicerna buah hati.
  4. Jika hendak diberikan kepada bayi usia 8 bulan ke atas, Bunda bisa langsung memberikannya tanpa harus disaring kembali setelah dihaluskan.
  5. Supaya rasanya tidak asing buat buah hati, Bunda bisa menambahkan sedikit ASI ketika hendak menyajikan puree ini kepada buah hati.

Bunda bisa membuat puree pisang mangga dalam jumlah agak banyak. Cukup simpan dan bekukan di kulkas dalam wadah kedap udara. Cara ini bisa membuat puree tersebut tahan lama hingga 3 bulan.

Jika Bunda ingin menyajikannya secara dadakan pun tidak masalah. Soalnya membuat puree pisang mangga tidak memerlukan waktu lama. Khususnya karena kedua buah ini tidak perlu dimasak terlebih dahulu ketika hendak diolah menjadi puree. Bunda cukup memotong, menghaluskannya dengan blender, kemudian menyaringnya sampai benar-benar lembut.

Pastikan Bunda menyajikan berbagai variasi menu resep MPASI untuk buah hati agar ia tidak mudah bosan. Selamat mencoba, Bun.

Sumber:generasimaju.co.id