News Detail

Resep MPASI yang cocok untuk bayi 6 bulan, cobain yuk..

Makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut MPASI merupakan makanan yang mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi. MPASI berfungsi untuk memberikan nutrisi tambahan dan memenuhi kebutuhan gizi bayi. Umumnya, MPASI akan diperkenalkan pada usia enam bulan.

Menu MPASI yang diberikan pada bayi pun dilakukan secara bertahap. Mulai dari makanan yang ringan sampai kental, hingga makanan yang bertekstur sampai padat. Sayur-sayuran dan buah tumbuk sangat cocok diberikan pada bayi di awal usia enam bulannya.

Hindari penggunaan garam, gula, madu atau pemanis lainnya secara berlebihan. Setelah bayi bisa menerima makanan pertamanya, tingkatkan menu makanan dengan memberikan kacang-kacangan atau daging tumbuk.

Apabila bayi sudah menunjukkan tanda-tanda siap makan dengan jelas, kini saatnya Bunda merencanakan menu sehat buat si kecil. Hal ini penting dilakukan agar si kecil tidak melulu rewel karena lapar dan Bunda juga tidak kesulitan membiasakan rutinitas pola makan.

Jadwal memberi makanan bayi 6 bulan tidak terlalu banyak kok Bun, namun harus diiringi ekstra kesabaran agar proses ini berjalan dengan sukses.

Seperti penjelasan pada tabel di atas, pemberian makanan bayi 6 bulan haruslah yang mudah dicerna oleh si kecil. Usahakan juga untuk mengenalkan berbagai jenis makanan seperti buah dan sayur yang mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, zat besi, beragam vitamin dan lainnya.

Jika Bunda memberikan MPASI pada bayi usia 6 bulan sesuai jadwal, membentuk pola makan tentu akan lebih mudah sehingga tumbuh kembang sang buah hati bisa optimal.

Nah, jika mama masih bingung, berikut beberapa resep MPASI 6 bulan yang sehat dan pas ini bisa mama contek untuk MPASI si kecil ya! 

1. Pisang bisa menjadi pilihan untuk menu sarapan si kecil

Menu sarapan biasanya lebih sederhana dibanding makan siang. Mama bisa coba gunakan pisang sebagai bahannya. Cukup siapkan satu buah pisang dan ASI atau susu formula secukupnya.

Kemudian cuci bersih pisang tersebut dan kupas. Tumbuk halus buah pisang menggunakan sendok teh. Lalu campur dengan ASI atau susu formula yang telah disediakan. Aduk rata dan makanan siap disajikan.

2. Selain itu, Mama juga bisa menggunakan bahan wortel dan kentang

Selain itu, mama juga bisa menggunakan wortel dan kentang sebagai menu sarapan si kecil. Siapkan satu buah wortel dan kentang yang berukuran kecil, satu batang seledri, serta ASI atau susu formula secukupnya.

Kukus wortel dan kentang sampai empuk. Setelah matang, tumbuk halus kedua bahan tersebut. Lalu campurkan dengan ASI atau susu formula dan seledri.

3. Berikan bubur susu untuk menu makan siang si kecil

Saat makan siang, bubur susu menjadi menu yang cocok untuk si kecil. Mama bisa gunakan beras merah yang mengandung lebih banyak nutrisi untuk pemenuhan energi bayi.

Jika ingin praktis, gunakan saja tepung beras merah yang siap pakai. Larutkan dua sendok tepung beras merah di dalam air dan rebus. Kemudian tambahkan ASI atau susu formula ketika tepung beras merah sudah mulai dingin dan aduk hingga merata.

4. Agar si kecil gak bosan, bubur jagung dan labu bisa menjadi alternatif untuk makan siang lho

Agar si kecil gak bosan, bubur jagung dan labu juga bisa menjadi alternatif untuk makan siang. Jika ingin membuat menu ini, siapkan beras, jagung dan labu kuning yang telah diparut.

Pertama, masak terlebih dahulu beras yang sudah disiapkan hingga menjadi bubur. Kemudian masukkan jagung dan labu kuning ke dalam adonan bubur dan aduk kembali hingga matang. Lalu saring bubur yang sudah matang sebelum disajikan untuk si kecil.

5. Nasi tim ikan tuna cocok nih buat menu makan malam

Saat makan malam, mama bisa berikan menu yang lebih kaya rasa untuk si kecil. Nasi tim ikan tuna bisa menjadi pilihan mama. Cukup siapkan ikan tuna, bawang bombai, jahe, seledri dan air.

Masak nasi terlebih dahulu hingga setengah lembek, lalu masukkan ikan tuna, bawang bombai dan jahe yang sudah dicincang. Kemudian aduk hingga menjadi bubur ikan. Lalu masukkan seledri secukupnya dan tunggu hingga mengental.

6. Menu MPASI 6 yang kaya rasa seperti olahan brokoli juga patut dicoba

Olahan brokoli juga bisa menjadi pilihan untuk makan malam si kecil. Siapkan setengah potong kentang, tiga tangkai brokoli, suwiran ayam dan kaldu ikan. Potong kentang menjadi beberapa bagian, kemudian kukus bersama brokoli selama kurang lebih 10 menit.

Angkat kentang dan brokoli kukus, lalu tambahkan kaldu ikan dan ayam. Blender semua bahan hingga halus, dan pindahkan ke mangkuk.

 7. Menu MPASI bayi 6 Bulan dari Pure Pir dan Pepaya

Bahan yang diperlukan:

  • 30 gram pir kuning, cuci bersih, kupas dan ambil daging buahnya
  • 25 gram papaya matang, cuci bersih, kupas dan potong-potong
  • 3 sdm (30 ml) ASI

Langkah membuat:

  • Pir dikukus hingga empuk. Blender pir dan papaya hingga halus.
  • Tuang ke dalam mangkuk kemudian tambahkan ASI.

8. Menu MPASI bayi 6 Bulan dari Pure Apel

Bahan yang diperlukan:

  • 50 gram apel manis, cuci bersih, kupas dan ambil dagingnya.
  • 2 sdm (20 ml) ASI atau jus jeruk manis.

Langkah membuat:

  • Kukuslah buah apel sampai empuk.
  • Kemudian blender sampai lembut bersamaan dengan jus jeruk manis atau ASI.
  • Jika bayi belum terbiasa dengan serat apel, Bunda bisa menyaringnya terlebih dahulu.

Itu tadi beberapa resep MPASI 6 bulan yang bisa mama coba di rumah untuk si kecil. Melalui MPASI ini, anak dapat belajar mengenal rasa dan tekstur makanan. Jangan lupa pertimbangkan juga porsi dan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan bayi.