News Detail

Tempat wisata di Bogor yang hits dan cocok untuk anak

Bagi ayah bunda yang tinggal di Bogor, jika budget pas pasan untuk liburan akhir tahun ini, bisa ko berlibur di seputaran Bogor. Ga kalah deh hitsnya sama tempat wisata di luaran sana. Atau malah anda yang tinggal di luar Bogor dan ingin berlibur di Bogor boleh juga.  Bogor, orang sudah mengenal si kota hujan di kaki gunung yang hanya berjarak ‘selemparan batu’ dari Jakarta. Keindahan alam, kesejukan udara, dan banyaknya tempat berburu barang murah sudah lama menjadi daya pikat untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Dan tahukah anda kalau Bogor kaya akan lokasi wisata seru yang pasti akan disukai oleh si buah hati? Di sini mereka bisa bermain air, bergelantungan di udara, bermain bersama binatang lucu, belajar kesenian tradisional, mencicipi kehidupan pedesaan, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi yang sedang merencanakan liburan untuk putra-putrinya, ini dia tempat-tempat penuh keceriaan dan petualangan bagi sang buah hati. Ayo panggil si kecil sekarang dan kita mulai berkemas. Tujuan petualangan berikutnya: Bogor!

  1. Liburan Nuansa Koboi di The Rench Cisarua

Lokasinya yang mudah dicapai dari Jakarta (atau bahkan Bandung!) membuat Bogor menjadi salah satu destinasi favorit liburan keluarga di akhir pekan.

Makanya, jangan heran kalau hampir setiap weekend kota ini senantiasa dipadati oleh pengunjung.

Dan pastinya, semua harga yang ditampilkan di Traveloka adalah harga promo dan tanpa dikenai biaya tambahan lain. Yuk buruan rencanakan liburan bareng keluarga sekarang juga!

Dunia koboi tidak selamanya gersang dan panas bak gurun pasir. Buktikan sendiri di The Ranch Cisarua yang ada di daerah Puncak ini. Tempat ini tidak hanya mengubah si buah hati menjadi para koboi cilik, tetapi juga memiliki udara sejuk pegunungan dan suasana pedesaan di Eropa sana, lengkap dengan kastil dan taman bunga.

Rasanya belum sah kalau berkunjung ke dunia koboi tanpa menaiki kuda. Dan memang menikmati suasana Eropa yang mengelilingi tempat ini ditambah udara segar dari atas punggung kuda terasa berbeda. Dan untuk membuat kunjungan Anda lebih berkesan lagi, cobalah uji kemampuan Anda dalam memanah.

Mari jelajahi tempat ini bersama-sama untuk mencari rumah permen, rumah hobbit, jembatan dongeng, dan rumah kelinci. Dan khusus yang terakhir, tempat ini dipenuhi dengan kelinci lucu yang dengan senang hati menyambut Anda di rumahnya. Tapi ingat, ajarkan anak Anda menjadi tamu yang menghormati tuan rumah.

Sama seperti seniornya, de’Ranch Lembang, tempat ini juga menjual aneka kuliner lezat khas Bandung, seperti siomay, batagor, atau tahu susu. Dan wajib diingat kalau tiket masuknya bisa ditukar dengan susu atau menjadi kupon diskon di sini. Jadi siapa yang siap menikmati aneka kuliner lezat dalam dunia koboi dengan latar belakang  pegunungan hijau?

2. Belajar dari alam di Kampoeng Wisata Cinangneng

Inilah tempat untuk mengajarkan anak Anda rasanya menjadi anak desa di masa lalu. Berbagai keterampilan yang akan membuat si kecil semahir orang tua Anda di waktu kecil dulu akan diajarkan seperti bertani, beternak, menari, melukis di caping, bermain angklung, dan membuat jamu!

Untuk yang senang berolahraga, mari bersama-sama belajar naik “kaulinan barudak lembur” alias egrang! Kalau menginap di sini, Anda bisa mengikuti program ronda malam. Di mana lagi Anda bisa mencicipi rasanya berjalan di kegelapan malam berbekal senter dan pentungan?

Ada beberapa paket yang ditawarkan yaitu program ‘Poelang Kampoeng’ yang akan dengan lengkap mengajarkan cara menjadi “anak kampoeng”, program ‘Saya pun berasal dari Desa’ yang akan membawa Anda dan si kecil tour keliling kampung dan berfoto dengan pakaian khas Sunda, serta paket menginap bagi Anda yang ingin melewatkan malam sebagai orang desa kekinian.

Walaupun suasananya sangat “desa”, tapi letaknya yang hanya sekitar 11 km dari Kota Bogor membuat Anda bisa tetap tampil kekinian dan bisa tetap eksis di sosmed. Fasilitas-fasilitas seperti air panas, café, dan toko souvenir juga tersedia di sini.

3. Berpetualang seru dengan anak di Hiking Bocah

Mendengar kata “hiking” pasti Anda langsung membayangkan kegiatan berat di tengah belantara dan pegunungan. Nah, hiking yang satu ini jelas berbeda – namanya saja Hiking Bocah!

Ini adalah kegiatan outdoor khusus anak-anak agar mereka bisa lebih dekat dengan alam sambil jalan-jalan di perbukitan Bogor.

Ada 3 pilihan jalur dengan jarak dan waktu tempuh berbeda-beda sesuai kemampuan anak – berkisar 3 km (jalur pendek) hingga 6 km (jalur panjang) dengan total waktu tempuh sekitar 2 jam.

Kegiatan utamanya sudah tentu hiking melewati kawasan pedesaan dan melihat aktivitas warga, menyusuri tepi sungai, serta melintasi kebun dan perbukitan di kawasan Katulampa yang pemandangan alamnya masih alami. Nggak perlu waswas, karena jalurnya aman bagi anak-anak.

Setelah hiking, mereka bisa langsung bermain air dengan Kids Rafting alias berperahu di sungai (tentu dengan peralatan keselamatan lengkap serta didampingi instruktur).

Gimana, ingin anak-anak menghabiskan akhir pekan dengan cara yang berbeda sekaligus berfaedah? Join saja setiap hari Sabtu atau Minggu. Pantau terus jadwalnya di sini!

Oh ya, orang tua juga boleh ikut lho, lumayan kan bisa bonding-time berkualitas!

4. Seru -seruan di Cibalung Happy Land

Seperti namanya, tempat ini akan membawa keceriaan bagi siapapun yang berkunjung ke sini dengan aneka permainan seru yang seakan tidak habis-habis. Ber-outbound ria, bermain air di waterpark-nya, atau mencicipi sensasi kehidupan petani dan peternak? Kalau satu hari terasa kurang, Anda bahkan bisa menginap atau berkemah di sini.

Keceriaan pertama berasal dari waterpark. Kolam renang di sini relatif dangkal karena dirancang untuk permainan air anak-anak. Tapi menceburkan diri ke kolam melalui seluncuran dari ketinggian cukup seru ‘kan?

Keceriaan kedua akan didapat dari berbagai wahana menantang yang ada di sini. Contohnya terbang bersamai flying fox, sensasi berjalan di udara dengan high rope, atau serunya berlompatan dengan trampolin, berperang paintball, dan ngebut dengan ATV di lintasan menantang.

Yang ketiga adalah belajar menjadi petani dan peternak yang handal. Bawalah anak-anak Anda untuk menanam padi, memelihara kelinci, menangkap bebek, atau memerah susu sapi.

Tempat ini juga menyediakan villa untuk menginap atau tenda perkemahan bagi Anda yang ingin melewatkan malam di tengah hijaunya alam di kaki Gunung Salak ini, atau yang sekedar belum bisa move on dari serunya permainan yang ada.

5. Memanjakan anak di Rumah Air Resto

Inilah jawaban bagi Anda yang mencari tempat nongkrong sekaligus menjamu si buah hati dengan aneka mainan seru.

Tempat ini terletak di dalam komplek perumahan tidak jauh dari pusat Kota Bogor. Anda akan disuguhi beragam makanan Sunda lezat di dalam saung yang “mengapung” di air. Di arah selatan ada Gunung Salak yang berdiri kokoh di kejauhan.

Rumah Air menyediakan berbagai masakan ikan gurame, nila, cumi, dan udang segar. Salah satu menu yang unik adalah oup Ikan Nila Kelapa Muda Bakar yang sudah banyak membuat orang yang berkunjung ke sana jatuh cinta.

Selain makanannya, ada keseruan lain yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Ada permainan yang tidak berhubungan dengan air seperti otopad, becak mini, dan istana balon, dan ada juga permainan yang mewajibkan Anda membawa baju ganti untuk anak Anda, yaitu perahu kayuh, crazy ball, atau ATV (mobil off-road mini lengkap dengan track-nya). Tapi untuk keseruan maksimal, membawa baju ganti tidak ada salahnya ‘kan?

Ada juga permainan bagi para orang dewasa, yaitu kolam pemancingan. Jadi kalau anak Anda terlalu asyik bermain dan belum mau beranjak juga, mungkin Anda bisa mampir dan mengadu peruntungan di sini.

Sumber: Indonesiatripcanvas.co