News Detail

Ternyata berpuasa buat ibu hamil ada manfaatnya lho..yu simak

Ayah, bunda puasa adalah salah satu ibadah wajib yang dijalankan umat muslim sepanjang Ramadhan. Hanya saja, puasa bisa menjadi pengecualian bagi ibu hamil, karena beberapa faktor risiko pastinya.

Menurut spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) RSPI Pondok Indah, dr.Yassin Yanuar, Sp.OG, M.Sc, puasa bagi ibu hamil tidak dilarang kok, Bun. Namun, perlu diperhatikan berbagai kondisi yang menyertai si ibu. Dan pastikan ibu hamil dalam keadaan bugar untuk berpuasa.

“Berpuasa pada ibu hamil tidaklah dilarang, bahkan dapat meningkatkan ketenangan batin, yang sangat diperlukan saat hamil,” ungkap Yassin, dikutip dari detikcom.

Yassin menambahkan, puasa dapat menimbulkan perasaan bahagia karena lebih dekat dengan sang Khalik. Di samping itu, perasaan menjalani ibadah puasa ‘bersama’ janin yang dikandung juga dapat meningkatkan ikatan antara ibu dan anak.

Mengenai kondisi ibu hamil saat puasa yang mesti diperhatikan, menurut spesialis obgyn Riyan Hari Kurniawan, ibu hamil memiliki tiga bagian masa kandungan. Pada trimester satu atau tiga bulan pertama, janin masih proses pembentukan organ tubuh, otak, saluran cerna, dan ginjal. Pada masa ini, umumnya ibu hamil akan mengalami keluhan seperti mual, pusing, lemas dan muntah.

“Kalau mual dan muntah yang menyebabkan dia tidak bisa makan akan membahayakan. Biasanya, jika seorang ibu hamil memiliki masalah seperti itu tidak dianjurkan untuk puasa,” ujar Riyan, seperti dilansir CNN Indonesia.

Pada trimester dua atau kandungan bulan keempat hingga keenam, keluhan seperti mual, muntah, pusing mungkin akan reda. Jika kondisi dirasa baik, maka ibu hamil boleh puasa.

Nah, di trimester tiga atau bulan ketujuh hingga kesembilan, biasanya ibu hamil sudah siap melahirkan. Kata Riyan, pada masa ini ibu hamil boleh puasa asalkan tekanan darah normal, tidak ada anemia, tidak memiliki sakit gula, janinnya baik, dan berat bayi sudah sesuai.

Di samping manfaat tersebut, melansir dari Islam QA, perlu dicatat hukum mengenai ibu hamil berpuasa. Ibu hamil diperbolehkan tidak puasa jika itu sulit untuknya. Bahkan diwajibkan untuk tidak berpuasa jika puasa membahayakan janin. Namun perlu diingat juga, Bun, bisa berdosa kalau mampu berpuasa tetapi tidak menjalankannya. 

Itu sebabnya, ahli gizi Emily Mitchell menyarankan, sebelum ibu hamil memutuskan berpuasa, diskusikan dulu dengan dokter dan ahli. Hal ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Menakjubkan Puasa Bagi Ibu Hamil

Nah, bagi Anda ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa, maka Anda akan memperoleh atau bahkan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa hebatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Membantu pembakaran lemak tubuh Manfaat pertama bagi Anda ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa adalah, mampu membantu tubuh untuk membakar sejumlah lemak yang memang tidak berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Karena ketika tubuh memiliki lemak yang berlebihan, akan berdampak buruk juga bagi kesehatan Anda serta janin dalam kandungan. Bahkan bisa meningkatkan resiko diabetes. 

Menyeimbangkan zat kimia dalam darah Moms, hebatnya lagi ternyata ketika Anda hamil dan berpuasa, mampu membantu Anda untuk menstabilitas kondisi tubuh. Itu artinya, berpuasa sangat berguna untuk membantu tubuh menyeimbangkan zat kimia yang memang berada di dalam tubuh. Dan hal ini sangat bermanfaat agar para ibu hamil tidak mengalami sejumlah gangguan pada kehamilannya.

Terhindar dari morning sickness Penting untuk Anda ketahui, bahwa dengan berpuasa, Anda juga bisa terhindar dari kondisi morning sicknes. Seperti apa morning sicknes itu? Morning Sicknes sendiri merupakan kondisi yang umumnya di alami oleh ibu hamil dengan gejala mual yang disertai dengan muntah. Hal ini terjadi karna adanya peningkatan asam lambung di pagi hari. 

Mencegah sembelit Selain morning sicknes, masalah lain yang biasanya terjadi saat Anda hamil adalah sembelit. Nah, ketika Anda berpuasa saat hamil, maka Anda juga bisa mencegah terjaidnya sembelit di masa kehamilan Anda. 

Mengatur kadar gula darah Kandungan gula darah yang berada di dalam tubuh sangatlah penting untuk diatur agar tetap dalam kondisi yang stabil. Untuk mengatasi hal itu, maka Anda bisa melakukan puasa. Mengapa? Karena dengan berpuasa, Anda bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan menstabilkan kadar gula darah Anda. 

“Penting untuk mendiskusikan rencana dengan dokter dan pemimpin agama, dan tentu saja kenali kondisi tubuh kita,” jelas Mitchell, seperti dilansir Center For Fetal Medicine.

Dari berbagai sumber :

Haibunda.com , kumparan.com

Baca juga yang ini: