News Detail

Untuk para calon ibu, ini cara agar cepat hamil

Cara agar Cepat Hamil yang Alami, Khusus untuk Anda!

Mayoritas pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan menginginkan kehadiran buah hati atau momongan yang akan meramaikan suasana rumah Anda.

Jika Anda dan pasangan juga ingin segera menimang buah hati yang lucu, simak 8 cara cepat hamil alami dan sehat berikut ini:

1 Berhubungan Badan pada Waktu yang Tepat

Langkah pertama yang umum dilakukan para pasangan agar cepat hamil adalah dengan berhubungan badan pada waktu yang tepat.

Menurut ahli kesuburan dan kandungan, berhubungan sebaiknya dilakukan pada saat masa subur wanita, yakni 3 hari sebelum, hari H, dan 3 hari sesudah masa suburnya.

Proses ovulasi terjadi 14 hari sebelum Anda mengalami menstruasi selanjutnya. Setelah Anda berovulasi, sel telur hanya mampu bertahan hidup selama satu hari, jadi 24 jam setelah ovulasi.

2 Melakukan Posisi Berhubungan yang Tepat

Sebenarnya, tidak ada posisi bercinta yang terbaik untuk memperbesar peluang Anda supaya cepat hamil. Tetapi disarankan posisi di mana penetrasi maksimal agar mempermudah sel sperma untuk mencapai sel telur yang potensial pada rahim.

Posisi yang sering disebut sebagai posisi yang tepat agar cepat hamil yakni posisi di mana panggul wanita menghadap ke atas, sehingga biasanya dilakukan dengan cara posisi wanita di bawah dan diganjal bantal di bawah punggungnya.

3 Menunggu Efek Kontrasepsi Selesai

Jika sebelumnya Anda menggunakan alat kontrasepsi, maka berikan waktu beberapa bulan agar efek alat kontrasepsi (misal pil KB) berhenti mempengaruhi tubuh Anda.

Kemudian cek juga agar siklus menstruasi atau haid Anda kembali normal, barulah mulai program hamil Anda.

4 Melakukan Pola Hidup Sehat

Tahukah Anda bahwa pola hidup sangat berpengaruh terhadap sel telur dan sperma yang dihasilkan? Oleh karena itulah sangat penting untuk menjalani pola hidup sehat jika ingin cepat hamil secara alami.

Pola hidup sehat ini termasuk:

  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok
  • Pertahankan berat badan normal
  • Cukupi kebutuhan nutrisi
  • Hindari suhu terlalu panas (udara, air saat mandi, dan sebagainya)

5 Hindari Stres

Meski kehamilan belum juga kunjung datang, usahakan untuk tetap tenang dan jangan stres. Mengapa?

Stres dan tekanan pada pikiran bisa mempersulit atau menghambat terjadinya kehamilan, karena mempengaruhi kesehatan Anda. Stres berlebih justru akan mempersulit kehamilan terjadi meski Anda sudah melakukan berbagai upaya tadi.

6 Konsumsi Vitamin Pra Kehamilan

Untuk menunjang kesehatan Anda, banyak tersedia vitamin yang dapat membantu memaksimalkan kinerja sel sperma dan mempersiapkan sel telur.

Oleh karena itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jangan lupa untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu ke ahlinya sebelum mengonsumsi vitamin atau obat-obatan.

7 Hindari Penggunaan Obat-obatan atau Pelumas Tertentu

Banyak obat-obatan atau pelumas yang bisa membantu Anda berhubungan, namun justru mempersulit proses kehamilan.

Beberapa pelumas bahkan mengandung agen spermisida, yaitu zat kontrasepsi yang bisa menghancurkan sperma, biasanya berfungsi untuk mencegah kehamilan.

Dengan demikian, apapun jenis obat dan pelumas yang digunakan sebaiknya dihindari. Jika betul-betul terpaksa, gunakan sesuai arahan dokter atau ahlinya.

8 Konsultasikan ke Dokter Bila Perlu

Jika Anda dan pasangan berusia di bawah 35 tahun dan setelah satu tahun menjalankan hubungan intim secara teratur, tetap tidak ada kehamilan yang terjadi, maka Anda bisa mengonsultasikannya ke dokter atau ahli kesuburan.

Dengan demikian Anda bisa mengecek kondisi Anda dan pasangan, sehingga bisa memperoleh saran bagi Anda untuk mengatasi masalah kesuburan yang mungkin anda alami.

Sumber: Finansialku.com